Puskesmas Krangkeng Terapkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Sistim Jemput Bola
INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pelayanan kesehatan diwilayah kerja Puskesmas Kecamatan Krangkeng, kini semakin lebih ditingkatkan. Tak hanya di dalam gedung, pelayanan kesehatan masyarakat yang ditangani Puskesmas Krangkeng merambah diluar gedung dengan sistim jemput bola.
Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Krangkeng, Ns.H.Sukatno,M.Kes mengemukakan, Puskesmas Krangkeng secara kontinuitas memberikan pelayanan kesehatan masyarakat di luar gedung. Pola yang ditempuh petugas Puskesmas Krangkeng, menggunakan sistim jemput bola. Para petugas Puskesmas Krangkeng, job langsung mendatangi ke desa-desa yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
“Masyarakat desa yang membutuhkan pelayanan kesehatan, akan didatangi langsung petugas Puskesmas Krangkeng. Selama ini, wilayah kerja Puskesmas Krangkeng menangani enam desa yakni Desa Krangkeng, Luwunggesik, Singakerta, Kalianyar, Tanjakan dan Desa Srengseng. Tujuan pelayanan dengan sistim jemput bola ini, untuk mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat diwilayah Kecamatan Krangkeng,” kata Sukatno, Senin (14/4/2025)
Sasaran pelayanan kesehatan yang ditangani petugas puskesmas, ditiap-tiap tempat pelayanan pos yandu. Sementara sasaran pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang patut dilayani petugas yakni semua umur, dari bayi baru lahir hingga lanjut usia atau lansia, ibu hamil dan pelayanan reproduksi. Pelayanan kesehatan dengan sistim jemput bola, telah berjalan sejak 2024. Program jemput pola ditangani langsung oleh dokter, perawat, petugas gizi, petugas nutrisi, kesehatan lingkungan.
“Selain itu, program sistim jemput bola ditangani petugas penyuluh kesehatan, analis dan petugas laboratorium. Pelayanan kesehatan dengan sistim jemput bola, dilaksanalan cukup satu hari dengan satu ILP atau Integrasi Layanan Primer. Menyinggung tenaga medis di Rumah Sakit Krangkeng, tergolong sudah cukup lengkap dengan memiliki dokter spesialis mata dan dokter spesialis lainnya.”tutupnya. (Sofwan)