INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) An Nahdiyah Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu melaksanakan Uji Kesetaraan (UK) Paket C berbasis komputer.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, (18/05/2024), disaksikan oleh Sartono dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu.

Kepala PKBM An Nahdiyah, Dasuki mengatakan bahwa UK Paket C kali ini diikuti oleh 28 WB (Warga Belajar) yang telah menempuh kegiatan pembelajaran kesetaraan paket C selama 3 tahun.

Ini menandakan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di PKBM An Nahdiyah itu ada, dan secara tidak langsung menunjukan bahwa PKBM ini Lembaga yang resmi yang diakui oleh Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.

“Alhamdulilah kami PKBM An Nahdiyah dapat melaksanakan UK ini menandakan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar dan peserta didik di kami itu ada,” katanya.

Dasuki juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA yang telah meluncurkan program Ja-Ket (Kejar Paket) yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

"Terima kasih kepada ibu Bupati Nina yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan masyarakat dengan membantu memberikan layanan pendidikan non formal melalui program Ja-Ket," ucapnya.

Dasuki menambahkan, pendidikan kesetaraan merupakan sebagai pengganti, pelengkap dan alternatif belajar bagi masyarakat. Artinya masyarakat yang tidak beruntung/ berhasil mengikuti pendidikan formal di SD, SMP, SMA/SMK maka dapat menempuh pendidikan dijalur non formal melalui program pendidikan kesetaraan. 

Keberadaan PKBM An Nahdiyah ini pun bisa menjadi pilihan masyarakat yang putus sekolah, untuk menempuh pendidikan lewat kesetaraan. Dimana PKBM An Nahdiyah ini secara resmi telah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

"Untuk tahun 2024 ini PKBM An Nahdiyah kembali membuka pendaftaran program pendidikan kesetaraan Paket A (Setara SD), Paket B (Setara SMP) dan Paket C (Setara SMA) kepada masyarakat yang putus sekolah," ujar Dasuki.

"Bagi yang berminat, bisa mendaftar di PKBM An Nahdiyah yang beralamat di Jalan Habib Keling Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu," Pungkasnya. (Red)