INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan yang meliputi program pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C.

PKBM juga merupakan satuan pendidikan yang menyelenggarakan Uji Kesetaraan (UK) pendidikan nonformal.

Salah satunya yakni PKBM Mitra Mandiri yang beralamat di Jl Raya Tegal Agung Blok Desa RT.02 RW.02 Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu yang menyelenggarakan Uji Kesetaraan (UK) tahun pelajaran 2023/2024.

Kegiatan UK berbasis komputer yang berlangsung pada Sabtu (18/05/2024) kemarin, dilaksanakan di SMK NU Kaplongan dengan diikuti oleh 23 Warga Belajar (WB) Paket C.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan semuanya bisa hadir mengikuti kegiatan UK," ujar Kepala PKBM Mitra Mandiri, M Faruk Sobirin. Senin, (20/05/2024).

Iying, sapaan akrab M Faruk Sobirin mengatakan, seluruh siswa mampu mengoperasikan komputer yang menampilkan soal dengan baik karena sebelumnya sudah simulasi. Kemudian mereka juga sudah mengikuti pelajaran TIK sehingga tidak ada kendala dalam pengoperasian komputer dan ujian berjalan lancar.

"Dengan adanya kegiatan Uji Kesetaraan (UK) ini, menunjukkan eksistensi bahwa keberadaan PKBM ada kegiatan belajar mengajarnya," ungkapnya.

Hadirnya PKBM Mitra Mandiri ini diharapkan dapat membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Indramayu. (Red)