INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pemerintah Desa (Pemdes) Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, telah merealisasi Dana Desa (DD) tahap I tahun 2024 dengan membangun pipa Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) di Blok Underan RT.08 RW.03.

Pipa SPAL yang telah selesai dibangun sepanjang 167 meter itu, menelan anggaran sebesar Rp55 juta lebih.

Kuwu Desa Pringgacala Kodirin menjelaskan, pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah sekaligus pemasangan pipa itu telah rampung pembangunannya. Air limbah domestik yang berasal dari kegiatan hunian warga dapat dialirkan dengan lancar pada SPAL menuju Tempat Pembuangan Akhir.

"Air limbah dari kegiatan warga kami itu nantinya menuju ke Kali Pembuang Cigedang," katanya. Jumat, (18/05/2024).

Kodirin menambahkan, keberadaan pipa SPAL ini juga sebagai bagian dari membangun budaya sehat dalam lingkungan keluarga. Sehingga menjadi bagian dari upaya mencegah terjadinya stunting pada kelahiran baru.

"Harapan saya dengan adanya bangunan saluran air limbah itu nanti nya bisa memperlancar limbah dari rumah-rumah warga, sehingga bisa jadi desa yang bersih dan nyaman," harapnya.

"Hal ini juga akan memberikan kesan yang lebih rapih dan indah bagi Desa Pringgacala dan masyarakat kami bisa hidup sehat dan nyaman," tandasnya. (Red)