INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Hari Pers Nasional (HPN) digelar setiap tanggal 9 Februari, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang terbentuk di Surakarta pada 9 Februari tahun 1946. 

HPN yang ke 78 tahun 2024 ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Indramayu menggelar syukuran potong tumpeng. Kegiatan tersebut merupakan
bentuk tasyakur bin ni'mah kepada sang Maha Pencipta. Juga mengenang jasa-jasa para pejuang dan perintis jurnalistik di Indonesia salah satunya Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, beliau dikenang sebagai Bapak Pers Nasional.

Untuk itu kita sebagai anggota PWI, dituntut memperjuangkan hak-haknya masyarakat dan mempertahankan kebebasan pers tetap terjaga, serta menjungjung tinggi etika.

Hal itu  disampaikan Ketua PWI Dedy S Musashi, dalam sambutannya di kantor PWI Indramayu, Jalan Letjend MT. Haryono Sindang-Indramayu. Jumat (9/2).

Dikatakan Dedy, peringatan hari pers nasional (HPN) tingkat nasional setiap tahunnya dilaksanakan pada tanggal 9 Februari. Namun peringatan HPN tingkat nasional tahun 2024 diundur pelaksanaannya yakni tanggal 20 Februari di Jakarta. Dikarenakan berdekatan dengan Pemilihan Umum. 

Oleh karena itu pers memiliki peranan penting sebagai pengawas pelaksana demokrasi. Posisi pers ini adalah pilar keempat dalam pelaksanaan demokrasi di negara Republik Indonesia. Pemilu tahun 2024 berkaitan dengan pemilihan Presiden  dan wakil Presiden serta pemilihan Legislatif.

Maka pers memiliki peran penting dalam pengawasan demokrasi ini. Pers dituntut untuk mengedukasi masyarakat, bahwa Pemilu harus berjalan lancar, tertib, bebas, rahasia, jujur dan adil serta bermartabat yakni pemilu yang demokratis.

Disamping itu pers berperan penting menciptakan kondisi pemilu yang kondusif, nyaman dan aman. Insan pers juga harus bisa menjernihkan dan memberikan literasi yang baik dan benar kepada masyarakat dari suatu berita.

"Momentum HPN 2024 tingkat nasional. Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Pers Nasional 2024 Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Indramayu, Abdul Gani mengatakan, kegiatan syukuran potong tumpeng, penanaman pohon mangga dan pohon Jambu air di samping halaman sekretariat PWI merupakan bagian dari rangkaian HPN tahun 2024 yang kedelapan kalinya di tingkat Kabupaten Indramayu.

Menurutnya puncak HPN PWI Award 2024, direncanakan akan dilaksanakan di minggu akhir bulan Februari atau di diminggu awal bulan Maret. 

Adapun rangkaian kegiatan HPN tahun 2024 yang sudah dilaksakan adalah, launching HPN 2024 diisi dengan bakti sosoal Donor darah dan bakti sosial 78 paket sembako gratis untuk anak Yatim-Piatu dan Jompo, Rabu 10 Januari bertempat di halaman sekretariat PWI Indramayu. Bakti PWI Indramayu bersinergi dengan TNI Kodim 0616 Indramayu diisi dengan kegiatan sapu Sungai, penanaman 78 pohon, Senin 15 Januari di desa Pagirikan - Pasekan-Inamdramayu.

Selain itu ada kegiatan Kado HPN 2024 atau PWI Peduli yakni menyerahkan paket sembako gratis keliling di semua sudut kota mangga dengan sasaran para pemulung dan tukang becak, Selasa 16 Januari. Dilanjutkan pembagian Baksos gratis ke masyarakat Indramayu Barat (Proinbar), Selasa 16 Januari.  PWI Indramayu menggelar latihan Jurnalistik dari 35 orang melenial asal siswa Polindra, Rabu 24 Januari bertempat di sekretariat PWI Indramayu.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih berjalannya kegiatan tersebut, kepada semua pihak yang mendukung kegiatan HPN 2024. Dari mitra kerja PWI Indramayu, baik dari pengusahan, BUMN, BUMD, Sponsor dan pihak lain yang tidak mengikat, dan terutama dari pihak Pemkab Indramayu," Tandasnya. (Bagus Sifai)