INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pengawasan Logistik pada Pemilu 2024 terus dilakukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. 

Sejak tanggal 26-28 Desember 2023 lalu, Panwaslu Karangampel melakukan pengawasan terkait pengecekan logistik di gudang logistik II Widasari yang mana semua kebutuhan logistik itu dapat terpenuhi dan tidak ada kekurangan apapun.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslu Karangampel Kabupaten Indramayu, Aan Royco SH saat menggelar konferenai pers terkait Pengawasan Logistik Pemilu 2024 di Rumah Makan di wilayah Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Rabu, (31/1).

"Alhamdulillah tidak ada kekurangan apapun semuanya terpenuhi, dalam hal ini seperti tinta, pulpen biru, spidol biru dan ID Card yang dipakai teman-teman KPPS," ujarnya.

Sementara pada tanggal 8-18 Januari 2024, Panwaslu Karangampel kembali melakukan pengawasan terkait kegiatan sortir lipat di gudang logistik II di Widasari yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Namun, pada pengesetan surat suara pada 30 Januari, Panwaslu Karangampel menemukan 1 surat suara DPR RI yang tersobek dan sudah dicari penggantinya.

"Surat suara sudah dimasukkan di kotak suara. Artinya, baik surat suara DPRD Kab/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sudah terpenuhi," jelasnya.

Meski demikian, Panwaslu Karangampel memberikan catatan kepada Panitia Pemilian Kecamatan (PPK) Karangampel terkait beberapa kekurangan. Diantaranya, salinan DPT, salinan DPTb, form C kejadian khusus, form C pendamping yang semuanya belum ada.

"Itu sudah kami sampaikan ke teman PPK yang kurang itu terkait tanda terima C hasil salinan, formulir lainnya surat pengantar, sampul dalam kejadian khusus dan sampul kertas yang memilih surat suara tidak sah," jelasnya.

Pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap kegiatan pengepakan di masing-masing kotak sesuai TPS dan desa yang ada di Kecamatan Karangampel.

"Alhamdulillah, dalam pengawasan di pengesetan surat suara ini semuanya sudah terpenuhi tinggal nanti terkait kekurangan yang sudah saya sampaikan ke PPK untuk segera dipenuhi," Pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Panwaslu Kecamatan Karangampel, Syaikhu SPdI mengatakan, logistik merupakan unsur yang paling vital pada penyelenggaraan pemilihan umum. 

"Oleh karena itu, Panwaslu Kecamatan Karangampel dari awal sudah mengawasi agar semuanya terlaksana sesuai dengan prosedur dan tahapan," ujarnya.

Syaikhu juga mengajak kepada rekan-rekan media agar bisa mengawal proses pemilu ini sampai dengan selesainya penghitungan suara baik di tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara) ataupun sampai ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

"Kami berharap, agar kita bisa sama-sama dapat mengawasi, tidak mendapati kekeliruan-kekeliruan didalam hal terutama jumlah atau hasil suara dari masing-masing TPS," Tandasnya. (Red)