INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, fokus melakukan pengawasan terhadap logistik Pemilu 2024. Hal ini dilakukan, untuk menjamin keberlangsungan seluruh tahapan Pemilu.

Hal ini disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan Juntinyuat, Saefudin SPd, saat menggelar konferensi pers di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Juntinyuat, Minggu (4/2). 

Menurutnya, pengawasan terkait logistik Pemilu sangat penting untuk menjamin tahapan pesta demokrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Kami berkomitmen agar seluruh tahapan Pemilu berjalan lancar. Sehingga pesta demokrasi ini bisa sukses sesuai harapan kita semua," ungkapnya didampingi Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Syifaus Syarif SH serta Koordinator Divisi Penanganan, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa, Dedi Priyadi SPd.

Disebutkannya, Panwaslu Juntinyuat melaksanakan kegiatan pengawasan melekat (Waskat) pada kegiatan sortir dan lipat surat suara di gudang KPU II di wilayah Kecamatan Widasari. 

Pada kegiatan tersebut, pihaknya ingin memastikan logistik telah sesuai kualitas, jumlah serta jenisnya.

"Sejauh ini logistik yang didapat untuk wilayah Kecamatan Juntinyuat telah tepat kualitas, jumlah serta jenisnya. Dan ini akan terus kami kawal, hingga pelaksanaan pungut hitung 14 Februari mendatang," imbuhnya.

Sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT), Kecamatan Juntinyuat mendapatkan 68.661 untuk masing-masing jenis surat suara. Termasuk diantaranya adalah dua persen surat suara cadangan.

"Ada 68.661 surat suara untuk 267 TPS (Tempat pemungutan suara) di wilayah Kecamatan Juntinyuat. Sementara untuk bilik dan kotak suara, kami dapat jatah masing-masing 1.069 dan 1.335 buah," jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah DPT Kecamatan Juntinyuat adalah sebanyak 67.178 orang, dengan rincian pemilih laki-laki dan perempuan masing-masing 33488 dan 33690 pemilih. Mereka terbagi di 267 TPS, yang tersebar di 12 desa di wilayah Kecamatan Juntinyuat. (Ucup S/ Bagus Sifai)