INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, membersihkan ribuan Alat Peraga Kampanye (APK). APK beragam jenis ini, dibersihkan dari seluruh wilayah di Kecamatan Karangampel.

Ketua Panwaslu Karangampel, Aan Royco SH menyebutkan, APK dibersihkan selama masa tenang, 11-13 Februari. Diantara yang dibersihkan berupa papan reklame, baligho, spanduk, banner serta bendera dari peserta Pemilu.

"Total yang dibersihkan sebanyak 1.456 APK. 515 APK di hari pertama, serta 497 dan 444 APK pada hari kedua dan ketiga masa tenang," ungkapnya kepada nusantaraindonesia.id, Selasa (13/2).

Hingga jelang waktu pencoblosan, Panwaslu Karangampel proaktif melakukan pengawasan hingga ke seluruh desa di wilayah Kecamatan Karangampel. Hal ini dilakukan, sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap potensi dari pelanggaran Pemilu.

"Kami instruksikan kepada rekan-rekan pengawas TPS, untuk lebih proaktif dalam melakukan kegiatan pengawasan. Karena masa-masa sebelum pencoblosan, berpotensi besar atas terjadinya pelanggaran Pemilu," jelasnya.

Pada kesempatan ini, ia meminta seluruh pihak untuk bersama menjaga kondusivitas wilayah, khususnya di Kecamatan Karangampel. Salah satunya adalah dengan tidak melakukan kegiatan yang dilarang saat memasuki masa tenang.

"Pengawasan yang kami lakukan sifatnya hanya sebagai upaya pencegahan, dari segala potensi pelanggaran Pemilu. Sehingga Pemilu 2024 ini bisa berjalan sukses tanpa ekses, seperti yang kita harapkan bersama," pungkasnya. (Ucup S/ Red)