KOTA BANJAR, (nusantaraindonesia.id),- Sekelompok mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi dalam rangka kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) meluncurkan Program kesehatan  “Bakat Citarasa” (Bina Keluarga Sehat Menciptakan Kesejahteraan Bersama) di Posyandu Melati 1 di Dusun Sukanegara Desa Waringinsari, Kota Banjar pada Selasa (30/1).

Program “Bakat Citarasa merupakan program inovasi dari kelompok Adhinatha untuk mencegah dan mengendalikan penyakit hipertensi di wilayah Dusun Sukanegara. Adapun kegiatan program ini adalah edukasi pola konsumsi dan juga demonstrasi masak makanan sehat dan cegah hipertensi. Dalam edukasi yang dilaksanakan ini, terdapat leaflet yang digunakan sebagai instrumen atau alat bantu agar materi edukasi dapat tersampaikan dengan lebih efektif terhadap masyarakat. 

Dosen Pembimbing Lapangan kelompok Adhinatha, Dadan Yogaswara, mengungkapkan melalui program ini mahasiswa bermaksud untuk mencegah dan mengendalikan angka sakit hipertensi yang ada di Dusun Sukanegara dengan mengajak dan mengingatkan seluruh masyarakat untuk berubah dari pola konsumsi tidak sehat menjadi pola konsumsi yang lebih baik dan sehat agar dapat mencegah penyakit hipertensi.

“Pola konsumsi sehat sangat penting untuk diperhatikan, apalagi Ibu sebagai sosok penting dalam keluarga yang mengatur konsumsi harian di keluarga. Pola konsumsi yang tidak sehat akan berakibat buruk bagi kesehatan individu. Oleh karenanya menjaga pola konsumsi yang sehat serta beraktivitas sehat seperti olahraga merupakan bentuk awal pencegahan dari penyakit tidak menular khususnya penyakit hipertensi”, ungkapnya. 

Dalam program ini, imbuhnya, terdapat materi yang menjelaskan anjuran batas penggunaan natrium, yang mana konsumsi berlebih natrium ini merupakan faktor risiko penyakit hipertensi. Melalui materi ini juga masyarakat diajak untuk mengonsumsi buah dan sayur untuk mencegah hipertensi. Salah satu buah dan sayur yang dapat mencegah hipertensi adalah buah belimbing dan seledri. Adapun contoh produk yang diperkenalkan kelompok Adhinatha kepada masyarakat Dusun Sukanegara adalah jus belimbing yang memiliki nutrisi baik serta dapat mencegah penyakit hipertensi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang sudah merancang dari adanya program baru dan akhirnya telah diresmikan. Edukasi yang ada dalam program “Bakat Citarasa” ini mudah-mudahan menjadi pencetus dimana budaya pola konsumsi yang baik dapat dilaksanakan di wilayah Sukanegara ini” ungkap Kepala Dusun Sukanegara , M. Prianto.

Peluncuran program ini juga bekerja sama dengan pihak BKKBN. Pemateri BKKBN, Dina Ratnasari menyampaikan bagaimana dukungan keluarga akan sangat berarti bagi lansia yang ada di keluarga. 

Dalam kegiatan Lauching Program ini juga dilaksanakan penandatangan komitmen dijalankannya program “Bakat Citarasa” yang ditandatangani oleh pihak Desa Waringinsari, pihak Puskesmas Langensari 2, pihak Posyandu Melati 1, dan pihak Posyandu Melati 2. (Red)