INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Kelompok Tani Kepatihan Desa Kalianyar Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu menerima bantuan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT).

RJIT ini merupakan kegiatan perbaikan jaringan irigasi desa guna meningkatkan fungsi dan pelayanan irigasi atau menambah luas areal pelayanan.

Bantuan RJIT yang direalisasikan kepada Kelompok Tani Kepatihan yang diketuai oleh Hasyim Asy'ari itu, dilaksanakan di Blok Dampyang Lou Desa Kalianyar Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu.

"Alhamdulillah, pembangunan prasarana pertanian dari program RJIT senilai Rp200 juta anggaran DAK 2023 telah selesai direhab," ucap Ketua Kelompok Tani Kepatihan, Hasyim Asy'ari kepada nusantaraindonesia.id Jumat, (12/1).

Kang Hasyim sapaan akrab Hasyim Asy'ari menjelaskan, Kelompok Tani Kepatihan memiliki anggota sekitar 245 petani itu sudah sejak lama mengharapkan adanya jaringan irigasi yang memadai dan lancar agar tanaman yang ada, bisa mendapatkan cukup air.

"Irigasi ini mampu mengairi area pesawahan sekitar 170 hektar. Dengan adanya irigasi yang mendukung sekarang ini, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian petani dan memaksimalkan produktivitas pertanian di Desa Kalianyar," ujarnya.

Terealisasinya bantuan RJIT ini tak lepas dari kepedulian Pemerintah Kabupaten Indramayu yang dipimpin oleh ibu Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA yang telah memperjuangkan aspirasi petani Indramayu khususnya petani di Desa Kalianyar.

"Saya selaku Ketua Kelompok Tani Kepatihan Desa Kalianyar mengucapkan terima kasih kepada ibu Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA atas bantuan rehabilitasi infrastruktur pertanian. Kami siap menjaga bangunan ini dan semoga bermanfaat bagi masyarakat Desa Kalianyar khususnya para petani di Kecamatan Krangkeng," ucap Kang Hasyim.

"Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu serta BPP Kecamatan Krangkeng yang secara intens melakukan pembinaan serta pendampingan kepada kami sehingga rehabilitasi irigasi ini terealisasi 100 persen," imbuhnya.

Selanjutnya, Kelompok Tani Kepatihan Desa Kalianyar berharap, kedepan masih ada bantuan untuk pembangunan sarana prasarana pertanian di desa Kalianyar, Terutama Jalan Usaha Tani (JUT) yang menjadi instrumen penting bagi para petani Desa Kalianyar dalam menjalankan aktifitasnya.

"Harapan kami terkait JUT ini semoga terwujud. Karena akses jalan usaha tani menjadi kebutuhan kami untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil pertanian dari lahan." Pungkasnya. (Red)