INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, menyediakan Pojok Pengawasan (Jokwas) di Sekretariat Panwaslu Juntinyuat. Hal ini dilakukan, sebagai upaya meningkatkan pendidikan politik masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Juntinyuat.

Ketua Panwaslu Juntinyuat, Saefudin SPd menjelaskan, Jokwas sengaja disediakan Panwaslu Juntinyuat sebagai upaya dukungan terhadap kelancaran seluruh tahapan Pemilu. Di tempat ini, seluruh pihak terkait, baik masyarakat, penyelenggara maupun peserta Pemilu, dapat berdiskusi terkait berbagai hal yang berkaitan dengan pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Jokwas bukan untuk memata-matai peserta Pemilu. Namun lebih kepada tempat ngumpul dan ngopi bareng, untuk berdiskusi dan urun rembuk berbagai hal terkait Pemilu 2024," ungkapnya kepada nusantaraindonesia.id, Sabtu (6/1).

Menurutnya, pendidikan politik dirasa sangat penting untuk meningkatkan kedewasaan dalam berpolitik. Tak hanya bagi penyelenggara dan peserta Pemilu, masyarakat pun harus diberikan pemahaman yang lebih luas terkait kontestasi pesta demokrasi ini.

"Tak hanya sekadar ngopi bareng, siapa pun boleh berurun rembuk atau mendiskusikan hal-hal terkait Pemilu di Jokwas. Sehingga tempat ini diharapkan bisa memberikan kontribusi, terhadap peningkatan pendidikan politik masyarakat," jelasnya.

Ia berharap, Jokwas bisa menjadi salah satu terobosan dalam upaya meningkatkan pendidikan politik masyarakat. Sehingga proses serta tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini, bisa berjalan sesuai harapan.

"Pendidikan politik memang sangat penting, khususnya agar masyarakat lebih dewasa dalam menyikapi hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu. Dengan meningkatnya pendidikan politik masyarakat, Pemilu diharapkan bisa berjalan sukses tanpa ekses," pungkasnya. (Ucup Supriyatno)