INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Ribuan warga Desa Kendayakan Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu mengikuti pawai karnaval. Selasa, (31/10/2023).


Pawai karnaval ini bagian dari upacara sedekah bumi sebagai bentuk syukur warga Desa Kendayakan kepada Allah SWT atas hasil bumi yang diterima melimpah. 


Berbagai macam hasil bumi menghiasi acara pawai yang mengambil start di depan Kantor Desa Kendayakan dengan rute mengelilingi Desa Kendayakan. 


Ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah itu diaplikasikan masyarakat dengan cara menghiasi berbagai macam hewan replika, ogoh-ogoh dan lainnya dengan hasil bumi.


Pawai karnaval yang diikuti oleh masyarakat di masing-masing RT/RW ini dilepas secara langsung oleh Kuwu (Kepala Desa) Kendayakan, Agung Prayitno bersama pamong dan di hadiri oleh Plt Camat Terisi, Roshadian Purnama dan unsur TNI/Polri.


Kuwu (Kepala Desa) Kendayakan, Agung Prayitno mengatakan, pawai karnaval ini salah satu bagian dari sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur warganya kepada Allah SWT atas melimpahnya hasil bumi.


"Acara sedekah bumi ini diawali dengan pawai Karnaval, Tahlil dan Doa Bersama serta kumpul tumpeng dan pagelaran wayang kulit. Selain meneruskan atau melestarikan budaya jawa, sedekah bumi ini juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga," ujarnya. 


Kuwu Agung Prayitno menambahkan, dengan bentuk sedekah bumi ini juga diharapkan seluruh petani di Kecamatan Terisi khususnya Desa Kendayakan selalu dilimpahkan rahmatnya. Sehingga petani yang bercocok padi maupun petani palawija dapat menghasilkan panen cukup melimpah dan bagus.


"Melalui tradisi ini, kami berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Yang Maha Kuasa," ucapnya.


Sementara itu, Plt Camat Terisi Roshadian Purnama menyampaikan apresiasinya atas kebersamaan warga Desa Kendayakan dalam menjalin persatuan pada pawai karnaval dalam acara Sedekah Bumi.


"Ini tentunya bentuk rasa syukur warga Desa Kendayakan kepada Allah SWT karena telah memberikan hasil bumi yang melimpah. Namun yang terpenting, jangan lupa kewajiban mengeluarkan sebagian penghasilan berupa zakat untuk warga yang kurang mampu," ujarnya. (Sarnadi)