INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Dalam rangka meningkatkan, mengelola lembaga dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Pemerintahan Desa di wilayah Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu agar lebih baik dan bekerja sesuai dengan harapan, Camat Karangampel Roshadian Purnama melakukan rapat pembinaan desa. 


Pembinaan Desa yang merupakan salah satu Program Pemerintah Kecamatan Karangampel itu, dilakukan di Desa Pringgacala. Selasa, (14/11/2023).


Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Camat Karangampel itu dihadiri oleh Kuwu Desa Pringgacala Kodirin beserta para pamongnya.


"Tujuan dari pembinaan ini adalah memberikan penguatan kualitas aparat/pamong desa dalam menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan terutamanya dalam melayani masyarakat," Ujar Camat Karangampel, Roshadian Purnama.


Menurut Camat Rosha, Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan harus memiliki pandangan yang sama sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Indramayu yaitu Indramayu Bermartabat. 


"Melalui program yang telah disusun, hendaknya dapat direalisasikan sesuai perencanaan," tuturnya.


Camat Rosha menambahkan, pembangunan di desa perlu dilaksanakan dengan kerjasama yang baik dan semangat gotong royong antara pemerintah desa dengan masyarakat desa. 


"Semangat tersebut wajib diimplementasikan di semua tahapan pembangunan desa yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dengan tujuan untuk lebih memakmurkan kehidupan di desa," katanya. 


"UU No.6 Tahun 2014 Pasal 78 ayat 1 menetapkan bahwa pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan." Jelasnya. (Asyik Billah)