INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pemerintah Desa Singakerta Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu mengadakan kegiatan sedekah bumi dan unjungan Buyut Singakerta yang merupakan warisan leluhur sebagai ciri khas daerah budaya Indramayu bangsa Indonesia. 

"Ngunjung Buyut dan sedekah bumi ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur kepada ALLAH SWT dan memperkuat tali silaturahmi juga melestarikan tradisi secara turun temurun di masyarakat Desa Singakerta," Kata Kuwu Desa Singakerta, Urip. Jumat, (27/10) siang. 

Menurutnya, setiap tahun dilaksanakan Ngunjung Buyut Singakerta dan sedekah bumi yang merupakan warisan leluhur dan adat. Tradisi ini jangan sampai hilang. 

"Makanya kita sebagai generasi penerus warisan harus bisa terus melestarikan dan bahkan harus mengenalkan tradisi Ngunjung Buyut termasuk sedekah bumi kepada generasi muda khususnya lingkungan masyarakat Desa Singakerta," Ujarnya. 

Urip menambahkan, bahwa Ngunjung Buyut dan sedekah bumi desa Singakerta, sangat kaya akan budaya yang didalamnya tersimpan makna yang luas dan positif. Karena disamping melestarikan adat istiadat, tradisi dan budaya Ngunjung Buyut dan sedekah bumi merupakan salah satu ajang silaturahmi bagi masyarakat dilingkungan wilayah Desa Singakerta. 

Jadi dengan adanya kegiatan ini, Masyarakat bisa duduk bersama berdoa, tahlilan dan tawasulan bersama. 

"Ini jelas sangat bermakna penuh barokah, Semakin mempererat ukhuwah islamiyah serta tetap kuat jalinan persatuan dan kesatuan hubungan antara pemerintahan desa dengan warga masyarakat semakin erat, bersama kebersamaan yang lebih baik., " Tuturnya. 

Ditambahkan Kuwu Urip, untuk acara sedekah bumi dan unjungan Buyut Singakerta ini sebagai ungkapan rasa syukur pada Allah SWT atas rahmat serta limpahan hasil bumi termasuk untuk menyambut atau memulai masa panen dengan berharap hasil Panenanya melimpah ruah dan bagus. 

Lebih dari itu, acara Ngunjung Buyut Singakerta dan sedekah bumi juga merupakan simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat desa Singakerta kepada para leluhurnya. Selain doa bersama, tahlilan dan Tawasulan adanya pentas pagelaran seni budaya tradisional Sandiwara Sandiwara Indra Putra. 

"Ini bukti bahwa di gelarnya tradisi Ngunjung Buyut Singakerta dan sedekah bumi, Pemdes Singakerta merupakan masyarakat yang berbudaya, agamis dan mempertahankan kearipan lokal serta warisan leluhur. Kami berharap semoga Desa Singakerta semakin maju dan mandiri Singakerta sejahtera." Pungkasnya. (Abdul Jaelani)