INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id) - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SDN 5 Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu menggelar sejumlah perlombaan, Rabu (16/8). Selain memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, lomba digelar dalam rangka memupuk semangat kebersamaan dan sportivitas siswa.


Hal ini disampaikan Kepala UPTD SDN 5 Dadap Kecamatan Juntinyuat, Sudirjo SPd didampingi Guru Kelas, Heri Bukhori SPd. Menurutnya, gelaran lomba 17-an merupakan agenda rutin bagi warga sekolah di lingkungan SDN 5 Dadap.


"Memang rutin digelar setiap tahunnya oleh sekolah kami. Tujuannya adalah untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, yang saat ini mencapai usia 78 tahun," ungkapnya di sela-sela kegiatan.


Tak hanya memeriahkan hari kemerdekaan bangsa, sejumlah perlombaan yang digelar juga bertujuan untuk memupuk semangat kebersamaan dan sportivitas di antara siswa. Nilai-nilai tersebut, diharapkan akan selalu terpatri di hati sanubari setiap siswa.


"Semangat kebersamaan dan sportivitas harus terus dibiasakan sejak dini. Ini jadi bekal yang sangat berharga bagi siswa, kelak saat menjalani kehidupan di tengah masyarakat di masa mendatang," jelasnya.


Ia pun bertitip pesan kepada siswa, agar tidak terlena dengan berbagai kemeriahan yang rutin digelar pada bulan kemerdekaan. Tugas utama sebagai pelajar, harus terus dijalankan dalam rangka mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia.


"Sebagai pelajar, tugas utamanya adalah belajar. Teruslah belajar untuk meraih cita-cita, agar kelak bisa jadi panutan dan kebanggaan orang tua, masyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya.


Untuk diketahui, sejumlah perlombaan dalam rangka memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, rutin digelar UPTD SDN 5 Dadap Kecamatan Juntinyuat setiap tahun. Selain lomba makan kerupuk, keseruan bisa dilihat saat dilaksanakannya lomba balap kelereng. Dan perlombaan menjadi semakin seru dan meriah, dengan hadiah-hadiah menarik yang telah disiapkan panitia untuk pemenang lomba. (Ucup Supriyatno/ NI)