INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pintu masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kandanghaur, Kabupaten Indramayu dipadati peserta pencari kerja.


Dengan berseragam putih hitam, mereka pun rela datang sejak pagi dan menunggu untuk dibukanya Job Fair SMK Muhammadiyah Tahun 2023.


Total 10 perusahaan dan LPK yang bekerjasama dengan perusahaan luar negeri dihadirkan pada Job Fair kali ini, di Aula Auditorium SMK Muhammadiyah Kandanghaur, Indramayu, Selasa (14/8/2023).


Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu Erpin Marpinda membuka pelaksanaan Job Fair SMK Muhammadiyah Kandanghaur Tahun 2023.


Kepala Disnaker Kabupaten Indramayu Erpin Marpinda menyampaikan, salam dari Bupati Indramayu Nina Agustina yang seyogyanya hadir dalam Job Fair Tahun 2023 untuk memberikan dukungan kepada peserta pencari kerja.


Dikatakan Kepala Disnaker Erpin Marpinda, persoalan pengangguran di Indramayu menjadi fokus Bupati Indramayu Nina Agustina yakni dengan mencetak masyarakat memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, sehingga dapat memiliki pendapatan secara mandiri maupun membuka usaha sendiri.


Disamping itu, dalam mengurai pengangguran di Kota Mangga Bupati Indramayu Nina Agustina juga bekerjasama dengan pemerintah pusat, salah satu wujudnya adalah menyelenggarakan Job Fair yang dapat diikuti peserta pencari kerja Kota Mangga.


“Ibu Bupati Indramayu Nina Agustina sangat konsen dengan mengurangi pengangguran, dan sangat konsen dalam membuka pelung pekerjaan salah satunya dengan Job Fair ini. Semoga peserta dapat diterima oleh perusahaan-perusahaan,” katanya.


Erpin mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Indramayu sangat mengapresiasi kepada Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Muhammadiyah Kandanghaur dan sejumlah perusahaan yang hadir dalam Job Fair Tahun 2023 dalam membuka peluang pekerjaan.


“Dengan Job Fair ini, semoga fungsi BKK SMK Muhammadiyah ke depan terus bisa menempatkan anak didiknya bisa bekerja setelah lulus. Hal ini menjadi nilai plus SMK Muhammadiyah Kandanghaur jika ada Bursa Kerja Khusus seperti ini,” tambahnya.


Sementara Ketua Pelaksana Panitia Job Fair SMK Muhammadiyah Kandanghaur Heryanto mengatakan, pihaknya merasa bersyukur Job Fair SMK Muhammadiyah Kandanghaur Tahun 2023 bisa membuka peluang bagi anak-anak di Kota Mangga dapat memperoleh pekerjaan.


“Alhamdulillah Job Fair Tahun 2023 ini dihadiri sebanyak 10 perusahaan dan 2 LPK, jadi kepada peserta manfaatkan waktu dan acara ini sebaik mungkin, karena belum tentu kesempatan itu datang 2 kali,” katanya.


Sebagai SMK Pusat Unggulan terbesar se-Jawa Barat maka tak heran jumlah murid SMK Muhammadiyah Kandanghaur mencapai 1.958 peserta didik.


Jumlah peserta didik tersebut menjadi perhatian pemerintah pusat salah satunya dengan diselenggarakannya Job Fair Tahun 2023 mulai 14 hingga 15 Agustus 2023.


“Sehingga tolong masing-masing stand perusahaan layani dengan baik peserta Job Fair ini yang mencari kerja. Demi bagaimana kita bisa mengangkat masa depan mereka yang lebih baik,” ujarnya. (Sarnadi/ NI)