BEKASI, (nusantaraindonesia.id),- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menyalurkan belasan ribu liter air bersih ke beberapa wilayah yang terdampak kekeringan di wilayah Kabupaten Bekasi.


"Untuk kekeringan sekarang tahun ini, PMI mensupport air bersih untuk kebutuhan warga. Kita sudah siapkan satu unit mobil tangki air bersih dengan kapasitas 5000 liter," kata Kepala bidang pelayanan PMI Kabupaten Bekasi, Dadang Jaya Saputra, pada Kamis (24/8/2023).


Berdasarkan informasi yang dihimpun PMI, permintaan pengiriman air bersih didominasi wilayah Kecamatan Cibarusah, Bojongmangu, Setu, Pebayuran dan Kecamatan Muaragembong.


"Sampai sekarang, sudah tersalurkan belasan ribu liter air untuk 9 ribu jiwa penerima manfaat di wilayah kabupaten Bekasi. Total pada wilayah di enam kecamatan tersebut," lanjutnya.


Ia berharap, bantuan distribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan primer masyarakat ini bermanfaat dalam mendukung seluruh aktivitas masyarakat tanpa perlu khawatir tentang kondisi krisis air bersih.


“Kita sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi. Hasil dan pembahasan yang dilakukan sejumlah terobosan akan dilakukan,” katanya.


Dirinya optimis, dengan koordinasi yang saat ini dibangun dengan pemerintah daerah akan lebih masif dalam proses pengiriman air bersih.


Dirinya mengapresiasi, langkah pemerintah daerah dalam memasifkan proses pendataan dan pengiriman air bersih pada daerah yang terdampak musim kemarau.


"Sekarang, dengan kondisi saat ini PMI akan memfokuskan bantuan untuk wilayah Bojongmangu, Cibarusah dan tetap melihat kondisi permintaan yang paling mendesak. Yang urgent, kita akan support. Karena kemampuan kita terbatas," tukasnya. (Sahrul Amin/ NI)