INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Seribu lebih anggota Praja Muda Karana (Pramuka) di Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, mengikuti Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Kwartir Ranting (Kwarran) Juntinyuat. Selain memperingati Hari Pramuka Nasional, kegiatan ini diharapkan mampu mencetak pemimpin bangsa di masa mendatang.

Gelaran rutin insan kepanduan di Indonesia ini, disambut baik Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) SDN 5 Dadap Kecamatan Juntinyuat, Sudirjo SPd. Menurutnya, Dianpinru merupakan agenda pertemuan anggota Pramuka yang dapat mempererat tali persabahatan serta menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan generasi penerus bangsa.

"Ada banyak individu yang terlibat pada Dianpinru, dengan latar belakang serta karakter yang berbeda. Selain menambah persahabatan, kegiatan ini bisa memberikan pengalaman kita untuk mengenali sifat dan karakter dari setiap individu," ungkapnya didampingi Pembina Putra, Heri Bukhori SPd, Senin (14/8).

Tak hanya menjalin persahabatan, Dianpinru merupakan salah satu upaya gerakan kepanduan di Indonesia dalam membentuk karakter pribadi yang disiplin, mandiri dan bertanggung jawab. Di antaranya dengan melaksanakan kegiatan yang dapat menunjang pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, serta jiwa kepemimpinan.

"Banyak kegiatan bermanfaat yang dilaksanakan, dengan tujuan menjadi Pandu yang lebih cakap. Dan kecakapan yang didapat ini, kelak jadi modal berharga di kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Ia berharap, proses pembelajaran tidak berhenti setelah selesainya pelaksanaan kegiatan Dianpinru. Dirinya meminta kepada seluruh "Pasukan Coklat", untuk terus belajar menempa dan membina diri, agar mampu menjadi teladan bagi lingkungan sekitar.

"Terus belajar dan belajar agar menjadi harapan serta pribadi yang mampu diandalkan, sebagai pemimpin bangsa di masa depan. Karena kelak di pundak mereka lah, nasib bangsa ini akan dipertaruhkan," pungkasnya.

Kegiatan Dianpinru Kwarran Juntinyuat tahun 2023, dilaksanakan di Lapangan Carik Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Sabtu-Senin (12-14/8). Pada gelaran yang diikuti seluruh anggota Pramuka di Kecamatan Juntinyuat, Pangkalan SDN 5 Dadap mengirimkan dua regu, masing-masing putera dan puteri dengan total anggota 29 siswa. (Ucup S)