INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di lingkungan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan tahun ini terasa berbeda, pasalnya upacara HUT RI ke-78 ini Direktur Operasi PT KPI Didik Bahagia hadir menjadi pembina upacara, serta  Tim Manajemen RU VI menggunakan  pakaian adat Nusantara.


Dengan tampilan yang berbeda dari biasanya, Pertamina  memperlihatkan kemajemukan pekerja Kilang Balongan yang berasal dari berbagai suku dan budaya namun bisa bersatu dalam mengamankan kebutuhan energi dalam negeri.


Dalam amanat Dirut Pertamina yang dibacakan Direktur Operasi PT KPI Didik Bahagia, disampaikan bahwa Tema HUT RI secara nasional yakni "Terus Melaju untuk Indonesia Maju" sejalan dengan tema HUT RI yang diangkat Pertamina yakni "Energi Untuk Terus Melaju”.


"Tema ini berasal dari semangat yang sama untuk menyatukan energi dan serentak bergerak bersama untuk mewujudkan ketahanan energi yang dapat menyokong kemajuan bangsa", terang Didik.


Disampaikan pula bahwa Pada tahun ini Pertamina juga meraih prestasi luar biasa yakni berada di peringkat ke-141 di daftar Fortune Global 500.


Sementara itu, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menyampaikan, pada peringatan HUT RI ke-78 ini, Kilang Pertamina Balongan juga turut menyumbangkan dana apresiasi kepada masyarakat sekitar total 80 Juta Rupiah. Dana tersebut disalurkan melalui beberapa desa dan Kecamatan di sekitar kilang, serta  Karang Taruna dan instansi pemerintah yang mengadakan kegiatan perlombaan dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan.


Upacara yang berlangsung khidmat dibawah matahari cerah tersebut dipimpin oleh Kepala Security RU VI Masbuchin, serta petugas pengibar bendera oleh Security RU VI dan anggota Arhanud 14 PWY. (Abdul Jaelani/ NI)