JAKARTA, (nusantaraindonesia.id),- PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih penghargaan Corporates Reputations Awards in Category Transpotation dan VP Public Relations KAI Joni Martinus mendapatkan penghargaan sebagai  Indonesia PR Persons Awards 2023 yang diselenggarakan oleh The Iconomics pada acara Indonesian Public Relations Summit 2023 dengan tema “Innovation for Reputation” di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (4/8). Acara dihadiri para praktisi humas serta pimpinan perusahaan, kementerian, lembaga, dan organisasi lainnya.


“Terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan kepada KAI. Hal ini tentunya akan semakin memacu dan menjadi motivasi insan KAI untuk semakin meningkatkan layanan kepada pelanggan melalui adaptasi dan inovasi yang terus kami lakukan. Penghargaan ini juga menjadi penyemangat untuk dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi perusahaan,” ujar Joni.


Joni mengatakan seorang Public Relations (PR) harus peduli dengan berbagai perubahan arus informasi serta dinamika kondisi di lingkungan sekitar. PR yang baik harus tanggap terhadap isu strategis yang berkembang serta mampu menyampaikan aksi dan isu korporasi aktual dengan akurat.


Penghargaan ini diberikan atas pemikiran bahwa PR memainkan peran yang besar dalam membangun reputasi perusahaan sekaligus menjadi garda depan untuk mengawal citra organisasi. Adapun penilaian reputasi perusahaan meliputi beberapa parameter yaitu Business & Commercial Reputation, People & Leadership Reputation, serta Social & Citizenship Reputation.


Adapun penghargaan selanjutnya yaitu PR Persons Awards 2023 diraih oleh VP Public Relations KAI Joni Martinus. Apresiasi tersebut diberikan kepada individu yang memiliki peran dalam kehumasan di masing-masing instansinya. PR Persons Awards memilih insan PR person berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Iconomics Research yang melibatkan pengamat kehumasan dan media lainnya.


Kriteria penilaian Iconomics untuk PR Persons Awards 2023 berdasarkan 3 aspek yakni Exposure, Influence, dan Creativity. Exposure merupakan insan yang memiliki keterkenalan (personal brand awareness) di kalangan media maupun publik. Influence merupakan insan yang memiliki pengaruh dari sisi pembentukan opini dan pemikiran media maupun publik. Sementara, Creativity memiliki pendekatan yang dinamis dan kreatif dalam menjalankan komunikasi institusinya.


Apresiasi kepada para praktisi PR/kehumasan ini diharapkan dapat melahirkan praktisi-praktisi PR yang inovatif, kreatif, dan mendorong PR-PR lainnya untuk meningkatkan perannya. (Khaerul Imam/ NI)