INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id) - Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lelea Kabupaten Indramayu melakukan kegiatan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kepada masyarakat, Jumat (11/8). Gelaran Jalan Santai Bermartabat dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia, sengaja dipilih agar sosialisasi bisa dilakukan dengan optimal.


Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lelea Abdurrojak SPdI, didampingi Divisi Sosialisasi Mulyono SH menyebutkan, sosialisasi sangat penting dilakukan agar tahapan pemilu bisa berjalan sesuai rencana. Sehingga gelaran pesta demokrasi lima tahunan ini, bisa berjalan dengan baik.


"Harapannya agar tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara, red) bisa tinggi dengan menyalurkan hak pilihnya. Peningkatan kesadaran masyarakat, akan sangat penting dalam menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan," ungkapnya di sela-sela kegiatan.


Ditambahkannya, kegiatan sosialisasi tidak hanya dilakukan pada momen-momen tertentu. Sosialisasi gencar dilakukan, hingga ke lapisan masyarakat terbawah.
"Kami instruksikan kepada setiap anggota PPS yang ada di masing-masing desa, untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tanpa kenal lelah. Karena merekalah ujung tombak KPU dalam menyosialisasikan gelaran pemilu," tegasnya.


Tak hanya kepada masyarakat umum, sosialisasi juga gencar dilakukan kepada pemilih pemula. Karena sebagian besar pemilih pada Pemilu 2024, merupakan pemilih pemula dengan rentang usia 17-40 tahun.


"Dari DPT (Daftar Pemilih Tetap, red), 60% atau sekira 110 juta pemilih merupakan pemilih pemula. Dan momen jalan santai ini sangat tepat untuk menyosialisasikan pemilu, karena banyak diikuti kalangan pelajar SMA dan SMK yang notabene merupakan pemilih pemula," jelasnya.


Sebagai pemangku dan pelaksana pesta demokrasi di tingkat kecamatan, ia berharap masyarakat akan antusias dalam menyambut gelaran Pemilu 2024. Ia bahkan menyebut gelaran pada 14 Februari mendatang sebagai sebagai "Hari Kasih Suara".


"Mudah-mudahan masyarakat akan antusias menyambut pemilu. Khususnya pemilih pemula yang merupakan representasi terbesar dari pemilih di Indonesia," pungkasnya.


Selain dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan  (Forkopim) Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu, kegiatan juga diikuti Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan dan UPTD Pendidikan se-Kecamatan Lelea, serta pelajar SMA/SMK di Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. (Sarnadi/NI)