BEKASI, (nusantaraindonesia.id),- Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi terus melakukan upaya antisipasi dalam menghadapi fenomena El Nino di beberapa wilayah pertanian di Kabupaten Bekasi. Dalam menjaga ketersediaan pangan di Kabupaten Bekasi, telah dilakukan langkah-langkah seperti percepatan olah tanah dan percepatan tanam.


"Kemudian kita juga mengawal agar para petani mengurangi kehilangan hasil panen, menjaga eksisting pertanaman dan alih komoditas ke Palawija," jelas Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dodo Hadi Triwardoyo, di kantornya pada Senin (14/08/2023).


Percepatan tanam, lanjut Dodo, sudah dilakukan di Desa Karangreja Kecamatan Pebayuran di tanah seluas 100 hektar. Kemudian sudah dilakukan Panen dengan varietas Inpari 32 di Desa Sukamakmur Kecamatan Sukakarya.


"Juga kita lakukan di Desa Karangsatu Kecamatan Karangbahagia seluas 75 hektar," tuturnya.


Di sisi lain, pengamanan eksisting pertanaman padi dilakukan di Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia di luas sekitar 85 hektar.


"Panen kacang hijau dua hektar di Kecamatan Bojongmangu juga sudah kita lakukan menjaga ketersediaan pangan," jelasnya. Dengan begitu diharapkan upaya antisipasi dalam menjaga ketersediaan pangan di Kabupaten Bekasi di tengah kondisi fenomena El Nino dapat terjaga. (Syahrul Amin/ NI)