INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pelayanan kesehatan di Bumi Wiralodra terus mencapai trend positif, salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pantura M.A Sentot Patrol yang mendapatkan Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit Dengan Tingkat Kelulusan 'Paripurna'.


Bupati Nina Agustina menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran RSUD Pantura M.A Sentot Patrol Atas Akreditasi Dengan Predikat 'Paripurna' yang diperoleh dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).


"Atas capaian ini saya juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas di RSUD Pantura M.A Sentot Patrol, sehingga mampu meraih akreditasi yang membanggakan," katanya saat memberikan sambutan pada silaturahmi dan syukuran RSUD Pantura M.A Sentot Patrol, Kamis (13/7/2023).


Capaian ini ungkap Bupati Nina Agustina sebagai capaian membanggakan dari langkah kerja sama yang solid dari jajaran dan dewan pengawas RSUD Pantura M.A Sentot Patrol dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.


"Saya tidak bisa sendiri, direktur tidak bisa sendiri, dokter tidak bisa sendiri, perawat tidak bisa sendiri dan semua staf yang ada disini tidak bisa sendiri. Karena kalian semuanya super tim, kita harus bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,"ungkapnya.


Dengan capaian akreditasi ini diharapkan Bupati Nina, pelayanan dan tata kelola rumah sakit menjadi baik dan diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan publik memilih RSUD Pantura MA Sentot sebagai pelayanan kesehatan.


"Saya berharap predikat akreditasi paripurna ini dapat dipertahankan, dengan cara meningkatkan kualitas dan melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan kepada masyarakat dan pengelolaan BLUD harus baik lagi, bagaimanapun harus dipertanggungjawabkan," harapannya.


Ditegaskan Bupati Nina Agustina, keberadaan RSUD Pantura MA Sentot Patrol menjadi perhatian serius baginya untuk merubah bagaimana pelayanan bisa memberikan kepuasan terhadap pasien dan menghilangkan mindset negatif yang perlu didengar sebelumya.


"Pada awal 2021 saya sidak pertama kali ketika kondisi Covid-19 saya banyak menerima laporan terkait layanan RSUD Pantura MA Sentot salah satunya yang terkena Covid-19 dijadikan satu dengan pasien biasa. Namun Alhamdulillah sudah satu tahun lebih dengan prestasi yang luar biasa didapat RSUD Pantura MA Sentot saya bisa berkunjung kesini dengan suasana yang lebih membanggakan," tegasnya.


Lanjut Bupati Nina, dengan dilengkapinya sarana dan prasarana ruangan kakap, ruangan bandeng dan lainnya, perlu disyukuri akhirnya akreditasi rumah sakit didapat RSUD Pantura MA Sentot Patrol Indramayu.


Maka dengan panjang garis pantai Kota Mangga yang mencapai 147 kilometer tentunya keberadaan RSUD Pantura MA Sentot Patrol diharapkan bisa memberikan pelayanannya lebih baik kembali.


Selain itu dapat diikuti dengan Rumah Sakit lainnya di Kota Mangga dalam rangka meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bidang Kesehatan.


Disamping itu Bupati Nina meminta, kepada jajaran RSUD Pantura MA Sentot Patrol terkait pengajuan anggaran diharapkan mengedepankan skala prioritas yang kemudian bisa berdampak pada kebaikan dan kepentingan pasien maupun masyarakat.


"Saya ingin pak dirut dan jajaran, saya minta untuk melihat kembali mana lagi yang menjadi prioritas misalkan alat scan,"pesannya.


Sementara Direktur RSUD Pantura MA Sentot Patrol dr. Ndaru Takaryanto mengatakan, capaian akreditasi yang diperoleh RSUD Pantura MA Sentot Patrol tak terlepas dari dukungan Bupati Nina Agustina.


Sehingga kata dr. Ndaru, kehadiran Bupati Nina Agustina pada silaturahmi dan syukuran RSUD Pantura MA Sentot Patrol ini menjadi pemacu dirinya dan jajaran bagaimana pelayanan kesehatan bisa lebih baik kembali untuk masyarakat.


"Kehadiran Bupati Nina menambah motivasi kinerja untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien di RSUD Pantura MA Sentot Patrol," katanya.


Terutama tak menyia-nyiakan amanah dari Bupati Nina bahwasanya dengan membentuk super tim akan terus memberikan pelayanan kesehatan sebaik mungkin kepada masyarakat dan akan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapinya.


"Kepercayaan Bupati Nina Agustina menugaskan kami di RSUD Pantura MA Sentot tidak akan disia-siakan, demi terwujudnya pelayanan yang baik menuju Indramayu yang Bermartabat. Membentuk super tim untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi dan maju bersama," ujarnya. (Ucup Supriyatno/ NI)