SUMEDANG,(nusantaraindonesia.id),- Prestasi ditorehkan Maulana Satria Hartono santri asal ponpes Adzkiya Mansyaul Hikam Cipatat, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang yang berhasil merebut juara harapan I dalam kegiatan Musabogoh Qiroatil Kutub (MQK) tingkat Nasional.

JPU Seksi PD Pontren Kemenag Sumedang Ayi Syaripudin mengatakan, Maulana yang turun dalam cabang Nahwu Marhalal Ula sebelumnya merupakan juara I tingkat Jabar sehingga ia berhak mewakili Jabar ke tk Nasional. 


"Untuk MQK tingkat nasional ini digelar 10 - 18 Juli di Ponpes Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur dengan peserta perwakilan dari setiap provinsi," jelas Ayi Jumat 21 Juli 2023.


Tampilnya Maulana sebagai juara harapan 1 tingkat nasional menjadi sejarah baru bagi Kabupaten Sumedang, mengingat dalam event 3 tahunan ini baru kali ini perwakilan Sumedang bisa meraih juara sejak keikutsertaaannya dalam ajang MQK nasional. 


"Prestasi yang membanggakan karena telah membawa nama baik Sumedang ditingkat Nasional dan mudah mudahan tampilnya Maulana sebagai juara bisa memotivasi santri lainnya untuk ikut berprestasi," katanya.


Sebagai rasa syukur atas keberhasilan Maulana dalam MQK tk Nasional pada Rabu (19/7/2023) Maulanapun disambut luar biasa saat kembali ke Ponpes yang dipimpin KH. Nurpahmi. Bukan hanya lingkungan ponpes, tetapi masyarakat sekitar Ponpespun turut menyambut kedatangan Maulana yang telah mengharumkan nama baik Sumedang. (Red)