INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Indonesia merupakan negara dengan ekosistem mangrove terluas di dunia sekitar 23% atau 3,36 juta hektar dari luas total mangrove dunia dan Indonesia memiliki 43 jenis mangrove tropis atau mewakili 80% dari mangrove tropis dunia.


Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jendral Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM saat menghadiri kegiatan penanaman 10 ribu mangrove oleh PT PLN Nusantara Power di pantai Tegal Agung Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Sabtu, 29 Juli 2023.


Menurut Bambang Hendroyono, penanaman 10 ribu mangrove di lahan 2 hektar itu merupakan bagian terkecil akan tetapi dapat menentukan masa depan mangrove di Provinsi Jawa Barat.


"Tentunya keanekaragaman hayati spesies mangrove ini tertinggi di dunia dan penyebarannya ada di Sumatera, Kalimantan, Papua dan Jawa. Kita berada di Jawa Barat dan ini menjadi tanggung jawab kita yang harus menjaga warisan dunia ini untuk Indonesia," ujarnya.


Bambang Hendroyono menambahkan,
perlunya mendorong dan memfasilitasi pengembangan model pengelolaan mangrove produktif lestari dengan mengiptimalkan peran ekosistem mangrove untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan pemanfaatan jasa lingkungan.


"Kita harus mendorong dan memfasilitasi pengembangan model pengelolaan mangrove produktif lestari melalui sistem budidaya ilmu kita semua." Pungkasnya. (Abdul Jaelani/ NI)