KOTA TASIKMALAYA, (nusantaraindonesia.id),- PJ. Wali Kota Tasikmalaya meresmikan Monumen Pesawat TNI-AU Lanud Wiriadinata Tasikmalaya di Taman Kota Tasikmalaya. Kamis, 20 Juli 2023


Acara ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, unsur Forkopimda, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Para JPT Pratama Pemkot Tasikmalaya, Tokoh agama, dan komunitas di Kota Tasikmalaya. 


Kegiatan peresmian ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Bakti ke-76 TNI AU tahun 2023. Yang bertujuan untuk mengenang dua peristiwa penting perjuangan TNI dalam memperjuangkan kemerdekaan, yaitu serangan udara TNI AU terhadap daerah pendudukan Belanda serta gugurnya tiga perintis TNI AU.


Pesawat yang dijadikan monumen dalam kawasan Taman Kota ini merupakan pesawat milik TNI AU dengan jenis Marchetti SF-260. Yang merupakan pesawat hibah dari Republic of Singapore Air Force (RSAF) pada tahun 2002 sebagai bentuk perhatian dan kerjasama bidang militer yang terjalin sejak lama antara Indonesia dengan Singapura.


Pesawat Marchetti SF-260 bukan hanya sebagai pesawat LD (Latih Dasar), melainkan sebagai pesawat LK (Latih Khusus). Pesawat ini memiliki kemampuan serang darat dan memiliki mesin yang bertenaga dengan roda yang dapat ditarik ke dalam.


Pj. Wali Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa pembangunan monumen ini selain menjadi objek wisata juga diharapkan dapat menjadi sarana edukasi dengan dimeriahkan oleh berbagai aktivitas di sekitar monumen seperti lomba dengan tema pesawat, pertunjukan, dan aktivitas lainnya. Sehingga nantinya daoat menjadi daya tarik bagi pengunjung dan menarik minat wisatawan. (Al Ihza Mahendra/ NI)