Bantul, (nusantaraindonesia.id),- Berlangsung sejak 2-8 Juli 2023, Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Voli Antar Klub Junior DIY Tahun 2023 resmi dibuka oleh Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto pada Minggu (02/07) di GOR Wijaya Bhakti SMAN 1 Sewon, Bantul. Dalam sambutan yang disampaikan, Djoko optimis akan ada atlet junior dari Kejurda tersebut yang masuk dalam Tim DIY untuk berlaga di Babak Kualifikasi (BK) PON pada Oktober 2023 mendatang.

“Tentu dengan pembinaan ini kita berharap, sebentar lagi kita akan mengikuti babak kualifikasi PON yang kalau tidak salah voli di bulan Oktober. Waktu kita tidak lama. Tinggal bulan Juli, Agustus, September, 3 bulan. Saya yakin di antara adik-adik meskipun masih junior pasti ada yang masuk dalam Tim DIY untuk berlaga di BK PON,” ungkap Djoko.

Dikatakan Djoko, untuk dapat mengikuti PON 2024 di Aceh-Sumut, atlet bola voli junior dalam Tim DIY minimal harus berada pada posisi juara ke-5 pada ajang BK PON mendatang. “Kalau BK PONnya nasional, itu kita akan bersama-sama berangkat nanti ke Aceh-Sumatera Utara apabila adik-adik tim DIY itu minimal juara ke-5. Sehingga kami yakin bisalah. Bisa karena apa, pada saat PON 2021 kemarin kita nggak berangkat indoornya. Pasirnya berangkat tapi indoornya kita tidak berangkat karena tidak lolos. Sehingga saya yakin diantara para pemain sekarang yang ada, tadi saya melihat satu pukulan yang luar biasa, gak tau dari mana tadi. Wah ini bagus banget ini. Nggak kalah dengan tim kita, Megawati misalnya ya, juga bagus lah itu,” ujar Djoko.

Sementara itu, menurut Djoko, pembinaan yang dilakukan Pengda PBVSI DIY hingga saat ini terbilang cukup bagus dan luar biasa. Tidak hanya menyelenggarakan rapat kerja daerah, Pengda PBVSI DIY juga telah mampu menyelenggarakan kejuaraan daerah bola voli DIY secara rutin setiap tahunnya.

“Kelembagaan Pengda kita ukur, berjalan tidaknya minimal ada dua kegiatan. Satu, bahwa Pengda itu bergerak, berjalan, kalau menyelenggarakan Kejurda secara rutin. PBVSI ini termasuk cabang olahraga yang kejuaraannya melimpah banyak karena ada voli indoor, ada pasir, ada junior ada senior bahkan ada remaja dan sebagainya. Cukup bagus dan luar biasa ini sebagai faktor pembinaan. Kemudian tolak ukur yang kedua menyelenggarakan rapat kerja daerah. Dan ini semua sudah dilaksanakan oleh Pengda PBVSI DIY,” terang Djoko.

Tak luput, Djoko pun mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Kejurda ini. Ia berharap, Kejurda ini mampu meningkatkan prestasi untuk DIY dan untuk nasional.

Pada upacara pembukaan Kejurda Bola Voli Antar Klub Junior DIY Tahun 2023 ini, Ketua Umum Pengda PBVSI DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, dasar penyelenggaraan kegiatan tersebut yakni berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Selain itu juga sesuai dengan program yang sudah direncanakan oleh pengurus provinsi PBVSI DIY.

Aji juga menyebutkan, peserta yang berpartisipasi pada Kejurda kali ini meliputi 12 Tim Putra dan 12 Tim Putri. Lokasi pelaksanaan Kejurda ini bertempat di GOR Wijaya Bhakti SMAN 1 Sewon, Bantul yang berlangsung pada tanggal 2-5 Juli 2023. Sementara lokasi pelaksanaan untuk babak 4 besar akan digelar di GOR Pancasila, UGM pada tanggal 7-8 Juli 2023.

“Peserta pada kejuaraan kali ini adalah 12 tim putra dan 12 tim Putri. Nanti pertandingan 4 besar akan kita selenggarakan di Lapangan Pancasila Universitas Gadjah Mada. Selamat menikmati, menonton bola voli yang mudah-mudahan nanti akan berjalan lancar,” kata Aji.

Sebagai informasi, 12 Tim Putri yang berpartisipasi dalam Kejurda ini antara lain yakni Yuso SLM, Yuso Jogja, Baja 78, Sleman UTD, Dhaksinarga, Popsivo, Garuda, Ganevo, Pesona Paz, Samudra, Ganeksa, dan Fajar Merah. Sementara 12 Tim Putra yang turut berkompetisi yaitu Yuso Jogja, Ganevo, Yuso SLM, Pervas, MVC, Dhaksinarga, Ganeksa, Rajawali, Perpagi, Baja 78, Perkasa, dan Badak Muda. (Red)