INDRAMAYU, - Pemerintah desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa dengan melibatkan unsur BPD, LPM, RT, RW, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat. Senin, (17/09). 


Selain unsur desa, musyawarah juga dihadiri oleh sekretaris camat Karangampel, Kasie PMD, Koramil dan polsek Karangampel. Kegiatan ini dalam rangka menyusun RKPDes untuk Tahun Anggaran 2019 mendatang. 



Kuwu Pringgacala, H. Syihabuddin mengatakan, musyawarah desa merupakan panglima dari semua kebijakan dalam memutuskan konsep pembangunan yang berlandaskan hasil mufakat.



Menurutnya, masyarakat desa agar menyampaikan usulan prioritas yang dapat dianggarkan APBDes atau DD maupun ADD. 



"Silahkan sampaikan usulan-usulan pembangunan untuk pembangunan di tahun 2019 mendatang", katanya. 



Sekmat Karangampel Roshadian Purnama menuturkan, setiap tahun, kucuran dana dari Pemerintah pusat untuk desa sangat luar biasa. Sehingga diharapkan, dana dari pusat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik agar bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat. 



"Melalui Musrenbang Desa ini, silahkan tentukan untuk pembangunan apa saja di tahun anggaran 2019. Tentunya ada skala priotas", ucapnya. 



Masih dikatakannya, usulan pembangunan bukan hanya bentuk fisik saja, tetapi pembangunan manusianya juga. Bagaimana masyarakat tersebut bisa kreatif sehingga mampu menghidupi dirinya sendiri. 



"Kalau usulan itu bisa menjadikan masyarakat yang kreatif, silahkan usulkan. Jangan memberikan usulan yang tidak produktif", katanya. 



Ia berharap, kegiatan pembangunan di TA 2019 nantinya betul-betul dilaksanakan dengan baik dan bisa membawa manfaatnya dengan maksimal. 



"Bagaimana hasil pembangunan yang dilakukan pemeritah desa hasil usulan itu, manfaatnya bisa awet untuk kita rasakan", pungkasnya.