INDRAMAYU, - Belasan peserta genjring Pesantren se-wilayah Cirebon unjuk aksi menampilkan variasi tabuhan dan irama genjring di halaman Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qur'aniyyah desa Dukuhjati Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Sabtu, (05/05/2018). Kehadiran mereka di festival genjring Pesantren ini dalam rangka syukuran Akhirussanah dan Haflah al-ikhtitam ke 53 yayasan Ponpes Al-Quraniyyah.

Ketua panitia syukuran akhirussanah dan haflah al-ikhtitam ke 53, Agus Malik mengatakan, festival genjring ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan syukuran akhirussanah dan haflah al-ikhtitam yang ke-53 Ponpes Al-quraniyyah yang digelar selama 5 hari, mulai dari tanggal 05 sampai 09 Mei 2018.

"Hari pertama ini ada tiga kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga malam hari. Festival genjring ini merupakan kegiatan kedua yang sebelumnya Semaan Al-Quran. Sementara di malam harinya adalah khataman santri putra dan istigosah kubro", jelasnya.

Pada festival genjring itu, lanjut Agus, diikuti oleh 15 group genjring berasal dari wilayah III Cirebon. Masing-masing peserta menampilkan dua lagu, 1 lagu ditetapkan panitia dan satu lagu lainnya bebas.

"Tiap peserta genjring yang tampil diatas panggung, wajib membawakan lagu khubbul wathon sebelum lagu bebas", ucapnya.

Agus menambahkan, untuk menentukan peserta group genjring yang terbaik, tiap peserta genjring ini dinilai dari kostum/ kerapihan, kekompakan dan fokal/cengkok.

"Hasil tim juri, group genjring dari Ponpes An-nur Tegal Mulya ditetapkan sebagai juara pertama dengan total nilai sebanyak 785. Disusul SMK NU Yabujah Segeran sebagai juara kedua dengan nilai 782 dan SMK NU Kaplongan sebagai juara ketiga yang mendapatkan nilai 775", terangnya.

Sementara Direktur Yayasan Ponpes alquraniyah Azun Mauzun mengatakan, festival genjring ini dalam rangka untuk meningkatkan syiar dakwah islam sekaligus untuk menjaga tradisi dan budaya islam sebagai kecintaan terhadap nilai-nilai ajaran islam dan membagkitkan semangat cinta tanah air.

"Festival genjring ini untuk menumbuhkembangkan budaya islam di kalangan santri dengan tanpa mengesampingkan kearifan lokal dan menanamkan cinta tanah air sejak dini karena sekarang banyak yang tidak mengakui tanah airnya sendiri", katanya.

Azun menambahkan, cinta tanah air yang ditanamkan kepada santri ini sangat penting. Terlebih di tahun politik seperti sekarang ini, yang mana mereka merupakan bagian dari pemilih pemula.

"Karena Pemilih pemula ini ikut berpartisipasi dalam kontes Pemilu", tandasnya.

Berikut ini adalah Rangkaian Kegiatan Syukuran Akhirussanah dan Haflah Al_Ihtitam Ke-53 Pondok Pesantren Al-Quraniyyah Desa Dukuh Jati Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu 05-09 Mei 2018 :

Sabtu, 05 Mei 2018
07.00 - selesai : Sama'an Al-Quran

13.00 - selesai : Festival Genjring Pesantren

20.00 - selesai : Khataman santri putra dan istighosah kubro

Minggu, 06 Mei 2018
07.00 - selesai : Wisuda TK, MI, SMP

13.00 - selesai : Wisuda SMA, SMK

20.00 - selesai : Pagelaran Drama Kolosal

Senin, 07 Mei 2018
07.00 - selesai : Muhafadzoh DTA kelas I-IV

13.00 - selesai : Muhafadzoh DTA kelas V-VI

20.00 - selesai : Karnaval dan wisuda DTA

Selasa, 08 Mei 2018
07.00 - selesai : Khataman umum santri putri

13.00 - selesai : Khataman alquran bag juz amma dan 30 juz binnadri

20.00 - selesai : Live show gambus modern

Rabu, 09 Mei 2018
07.00 - selesai : Karnaval budaya dan khitanan massal

13.00 - selesai : Pengajian ibu-ibu muslimat oleh Ny. Nining Nurhasanah

20.00 - selesai : Pengajian umum oleh KH. Musfiq Amrullah