INDRAMAYU, - Diduga data kurang valid, penerima beras sejahtera (Rastra) di desa Kaplongan Lor Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, tidak tepat sasaran. Alih-alih bantuan yang seharusnya diperuntukkan bagi warga kurang mampu tersebut, malah banyak dinikmati masyarakat menengah atas.


Hal itu disampaikan Panglima Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Gerakan Solidaritas Masyarakat Bersatu (GSMB) Resort 17 Kabupaten Indramayu, Ahmad Agus. Saat ditemui di kantor sekretariatnya, Kamis (08/03/2018).

Menurut Agus, pembagian rastra pada Kamis (08/03/2018) di kantor balai desa Kaplongan lor, banyak masyarakat menengah atas yang mendapatkan. Sementara masyarakat yang benar-benar membutuhkan rastra khususnya lansia dan jompo di desa tersebut tidak masuk dalam data penerima rastra.

"Lihat saja yang datang ke balai desa bermotor semua. Ini memang penerimanya sudah jelas terbalik, seharusnya ada pendataan ulang keluarga penerima manfaat (KPM) agar datanya lebih valid dan penyalurannya juga bisa tepat sasaran", katanya.

Sementara Kepala desa Kaplongan Lor, Tabroni mengaku data KPM di lapangan itu dari pusat dan bukan kesalahan pemerintah desa. Pasalnya, pihak desa hanya berkewajiban mendistribusikan rastra sesuai data yang ada.

"Datanya kan memang dari pusat, kami tidak tahu. Kami hanya mendapatkan rastra untuk dibagikan sesuai data yang kami terima", katanya.

Dalam pembagian rastra juga, lanjut Tabroni, di lakukan oleh pendamping TK SK Kementerian sosial RI, Nasir beserta tim dari PKH.

"Kami hanya memfasilitasi tempat saja, yang membagikan mereka (Pendamping TK SK dan tim PKH -red). Karena kami juga tidak ingin desa disalahkan dengan data penerima yang memang dari pusat", jelasnya.

Diketahui, desa Kaplongan Lor Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, merupakan desa yang pertama di Kecamatan Karangampel yang menyalurkan rastra. Jumlah rastra yang di terima pemerintah desa sebanyak, 338 karung berisi 10kg per karungnya. Rencananya, penyaluran rastra akan kembali dilakukan besok hari di desa Dukuh Jeruk Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu.