INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),-  Kegiatan pembangunan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Desa Tanjungpura  Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu.

Melalui Dana Desa tahap I Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Desa Tanjungpura telah melaksanakan pembangunan cor beton ready mix menuju lahan pertanian sepanjang 153 meter, dengan lebar 3 meter dan tinggi 0.15 meter.

Pembangunan JUT yang dilaksanakan di Blok Triya Buyut Sidiq RT.005 ini menelan biaya sebesar Rp.113 juta lebih.

Pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani itu sesuai dengan perencanaan dan kesepakatan hasil Musyawarah Desa dengan tujuan membantu para petani dalam menunjang percepatan perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) berjalan lancar, jalan yang mudah-mudahan memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian bagi masyarakat sekitar,” terang Kuwu Desa Tanjungpura, Didi Rohadi.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa JUT memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian.

“Harapannya jalan usaha tani ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian, dengan begitu Dana Desa yang diperuntukkan bagi desa untuk membiayai penyelenggaraan pembangunan lebih efektif,” ujarnya.

Bukan hanya sektor pertanian, pembangunan jalan tersebut juga untuk menunjang di sektor pendidikan bahkan memudahkan masyarakat yang hendak berziarah ke makbaroh.

"Manfaat lainnya, sebagai akses menuju sekolah maupun ke makbaroh. Karena lembaga pendidikan sekolah dasar maupun makbaroh berada di lokasi tersebut. Sehingga jalan itu merupakan jalan yang setiap hari dilalui," Pungkasnya. (Red)