INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pemerintah Desa (Pemdes) Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan lingkungan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk kemajuan desa dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pembangunan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2024 dan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat (Banprov) TA 2024.

Pembangunan yang telah dilaksanakan itu diantaranya, pembangunan jalan cor beton ready mix K.225 yang berlokasi di Blok Underan dari RT.06 hingga RT.07 RW.03 dengan volume Panjang 294 meter, Lebar 1.50 meter dan Tinggi 0.10 meter.

"Alhandulillah, DD tahap pertama sudah cair. Sehingga kami langsung start pembangunan infrastruktur jalan lingkungan di dua RT tersebut yang dilaksanakan oleh TPK Desa Pringgacala dengan biaya Rp84.994.000," jelas Kuwu Desa Pringgacala, Kodirin di lokasi pembangunan. Rabu, (24/04).

Kuwu Kodirin menambahkan, pembangunan infrastruktur jalan lingkungan juga telah rampung dilaksanakan di Blok Desa RT.04 RW.02 sepanjang 135.28 meter, Lebar 2.50 meter dengan ketinggian 0.15 meter.

"Kalau untuk pembangunan infrastruktur jalan di Blok Desa ini kami lakukan cor beton ready mix K.250 dengan biaya sebesar Rp80.250.000 anggaran dari Banprov TA 2024," paparnya.

Kedua lokasi pembangunan tersebut, lanjut Kodirin merupakan program prioritas yang sebelumnya telah melalui berbagai proses musyawarah.

"Alhamdulillah kegiatan betonisasi mendapatkan respons yang sangat baik dari warga sekitar. Tak lupa juga kami selaku Pemerintah Desa Pringgacala bersama masyarakat mengucapkan terima kasih banyak kepada Ibu Bupati Indramayu yang telah merealisasikan harapan mereka melalui program kerja Pemdes Pringgacala karena mereka telah lama mengharapkan adanya betonisasi jalan lingkungannya," ujarnya.

Kodirin berharap pembangunan jalan ini dapat lebih memudahkan akses masyarakat, terutama menuju sarana pendidikan. Selain itu masyarakat juga diharapkan dapat menjaga aset publik tersebut agar dapat dirasakan kebermanfaatannya dalam jangka waktu yang panjang.

"Mari kita jaga bersama-sama agar kwalitas jalan ini bertahan lama," Pungkasnya. (Red/ Advertorial)