INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Polres Indramayu melaksanakan kegiatan Trauma Healing bagi anak-anak korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Hal ini dilakukan, sebagai upaya pemulihan mental dan psikologis anak-anak terdampak bencana angin puting beliung.

Hal ini disampaikan Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar melalui Kasi Humas Polres Indramayu, AKP Saefullah. 

Menurutnya, trauma healing merupakan upaya untuk memberikan dukungan emosional kepada anak-anak yang mengalami dampak psikologis akibat bencana puting beliung.

"Dalam Trauma Healing ini, kami fokus pada anak-anak yang mungkin mengalami ketakutan, kecemasan atau trauma setelah bencana angin puting beliung. Kami ingin membantu mereka untuk pulih secara emosional dan mendukung proses pemulihan mereka," ungkapnya kepada awak media, Kamis (4/1).

Kegiatan yang dilaksanakan, dengan pendekatan yang ramah terhadap anak dengan melibatkan kegiatan yang bersifat mendukung. Diantaranya seperti bermain, berkreativitas, serta berdialog santai agar anak bisa mengungkapkan perasaan dan mengatasi ketidaknyamanan akibat bencana.

"Semoga kegiatan ini dapat membantu mereka. Agar kembali pulih dan menjalani kehidupan normal setelah mengalami bencana," tutupnya.

Untuk diketahui, perhatian terhadap aspek psikologis menjadi sangat penting dalam situasi bencana. Trauma Healing merupakan salah satu langkah awal untuk membantu masyarakat, khususnya anak-anak, agar mampu mengatasi dampak psikologis dari bencana. (Asyik Billah)