INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu, melaksanakan kegiatan pengawasan logistik Pemilu 2024. Hal ini dilakukan, untuk menjamin kelancaran tahapan pesta demokrasi lima tahunan terbesar di Tanah Air.

Hal ini disampaikan Ketua Panwaslu Kedokanbunder, Akhmad Yani SPd saat menggelar konferensi pers di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu, Rabu (31/1). 

Menurutnya, Panwaslu Kedokanbunder melakukan pengawasan melekat pada gudang logistik KPU II di wilayah Kecamatan Widasari.

"Sejak tanggal 8 hingga 18 Januari, kami melakukan pengawasan terkait kegiatan penyortiran serta pelipatan surat suara. Kami ingin pastikan, logistik yang dibutuhkan telah tepat sesuai jumlah, jenis serta kualitasnya," terangnya di hadapan awak media.

Disebutkannya, logistik Pemilu untuk Kecamatan Kedokanbunder telah tepat sesuai kebutuhan di lapangan. Tak hanya jenis serta jumlahnya saja, kualitas logistik Pemilu 2024 juga dianggap lebih baik dari logistik Pemilu sebelumnya.

"Secara keseluruhan aman. Kualitasnya juga sangat baik, baik surat suara, tinta maupun segel pengamannya," imbuhnya.

Saat ini, logistik yang telah dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah Kabupaten Indramayu adalah berupa bilik suara. Termasuk 564 buah bilik suara, untuk 141 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kecamatan Kedokanbunder.

"Kami juga ingin pastikan gudang logistik PPK telah memenuhi syarat. Baik dari segi keamanan, maupun dari hal-hal lain, termasuk kondisi cuaca yang saat ini telah memasuki musim penghujan," tegasnya didampingi Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Eva Mafruhah SPd serta Koordinator Divisi Penanganan dan Penyelesaian Sengketa, Adnan Hidayat SPd.

Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Kedokanbunder adalah sebanyak 36.417 orang, yang terdiri dari 18.378 pemilih laki-laki serta 18.039 merupakan pemilih perempuan. 

Mereka akan memberikan hak pilihnya pada 14 Februari mendatang di 141 TPS yang tersebar di tujuh desa di wilayah Kecamatan Kedokanbunder. 

Dari jumlah DPT yang ada, Kecamatan Kedokanbunder mendapati 37.224 jatah surat suara, termasuk dua persen surat suara cadangan. (Ucup S/ Red)