INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Sebuah destinasi wisata baru, dirintis di wilayah Timur Kabupaten Indramayu. Destinasi wisata alternatif ini, bahkan telah banyak menarik perhatian pengunjung untuk berdatangan.

Adalah Wisata Air Kedokan Dawa di Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Objek wisata yang berada di Blok Carik ini, terus berupaya mengembangkan bisnisnya dalam rangka memajukan desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kuwu Juntikedokan, Suhendi menyebutkan, rintisan telah diawali sejak 2023 silam. Embung seluas 1800 meter persegi yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumi Ratu Ayu ini, terus menggeliat dengan melengkapi sarana dan prasarana pendukung.

"Kami terus berbenah untuk kelengkapan sarana dan prasarana di sini. Sehingga pengunjung pun merasa betah dan nyaman, serta banyak menarik pengunjung lainnya," ungkapnya kepada nusantaraindonesia.id, Selasa (9/1).

Selain wahana permainan, sejumlah fasilitas pendukung juga dikebut pembangunannya. Dengan kelengkapan fasilitas yang ada, diharapkan akan makin banyak pengunjung berdatangan yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Ada bebek air, trampolin, gazeebo, jembatan selfie, panggung hiburan serta sejumlah kios UMKM dan kuliner untuk pemberdayaan masyarakat. Ke depan, masih akan kami lengkapi lagi dengan fasilitas lainnya seperti trek ATV (All Terrain Vehicle) serta kuda poni," jelasnya.

Selain objek wisata dan kolam pemancingan, embung wisata ini pun diperuntukkan untuk cadangan untuk pengairan lahan persawahan di sekitar. Sehingga tak hanya memajukan sektor pariwisata, embung wisata Kedokan Dawa juga turut berkontribusi pada sektor pertanian.

"Ada sekira 30 hektar lahan persawahan yang bisa diairi dari embung wisata Kedokan Dawa. Tentunya akan banyak membantu petani, khususnya saat musim tanam gaduh," tandasnya.

Kehadiran usaha baru ini, diharapakan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat. Selain itu, kehadirannya juga dapat memacu bagi BUMDes lainnya agar kreatif dan kompetitif dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati, yang telah memfasilitasi sarana wisata di embung wisata Kedokan Dawa. Ini menjadi wujud serta dukungan penuh dari Pemkab Indramayu, dalam rangka menyukseskan Visi Indramayu Bermartabat,” pungkasnya didampingi Ketua BUMDes Bumi Ratu Ayu, Sudaya. (Ucup Supriyatno)