INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Tiga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berprestasi diapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu. Ketiganya telah menunjukkan dedikasi dan keberhasilan pada kompetisi BUMDes tingkat Kabupaten Indramayu 2023.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penilai BUMDes tingkat Kabupaten Indramayu, Ahmad Sulaeman SE., MM. Ketiga BUMDes yang berprestasi adalah BUMDes Taman Trikolot Desa Cilandak Lor sebagai Juara 1, disusul BUMDes Sri Ratu Desa Parean Girang dan BUMDes Subur Makmur Desa Cikawung sebagai Juara 2 dan Juara 3.

"BUMDes yang berprestasi, telah menunjukkan kinerja yang optimal. Ketiganya memiliki peran serta aktif dan upaya maksimal dalam berkontribusi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa," ungkapnya kepada nusantaraindonesia.id, Kamis (28/12).

Ditambahkannya, prestasi yang diraih oleh ketiga BUMDes menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengembangkan potensi lokal. Selain itu, ketiganya dianggap mampu mendorong kemandirian ekonomi, serta memberdayakan sumber daya yang ada untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Selamat pada ketiga BUMDes. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk terus berinovasi, bekerja keras, dan berkolaborasi demi kemajuan bersama," imbuh pria yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH., MH., CRA menyebut, jika Pemkab Indramayu terus berkomitmen dalam mendorong dan mendukung sejumlah program unggulan yang dijalankan BUMDes. Hal ini dianggap dapat memberikan dampak signifikan bagi pengembangan ekonomi lokal, hingga upaya pemberdayaan masyarakat.

"Ini adalah momen yang luar biasa untuk dijadikan tonggak pembelajaran bagi BUMDes lainnya. Yakni dalam upaya membangun desa yang mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Selain memacu semangat, pencapaian ini diharapkan mampu menumbuhkan ide kreatif yang dapat diterapkan dalam upaya memajukan sektor ekonomi. Hal ini sangat penting, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Indramayu Bermartabat.

"Keberhasilan ini bukan hanya milik BUMDesa semata. Namun juga prestasi seluruh warga desa yang bersatu dalam mewujudkan cita-cita bersama untuk Indramayu Bermartabat," pungkasnya. (Ucup Supriyatno)