INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Memasuki musim tanam padi, Pemerintah Desa (Pemdes) Sudimampir Lor menggelar Musyawarah Sambut Musim Tanam Padi I (Rendeng) dan Musim Tanam II (Gadu) Tahun 2023/2024 yang dilaksanakan di Aula Kantor Balai Desa Sudimampir Lor, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Kamis (14/12/2023).

Dipimpin langsung Kepala Desa Sudimampir Lor, Ade Nanto menyampaikan, tujuan diselenggarakannya musyawarah tersebut guna membahas terkait waktu air masuk di areal sawah dan waktu sebar benih padi.


Ade Nanto menjelaskan, pada akhir Desember biasanya suplai air dari Waduk Jatigede yang melewati rentang kanan dialirkan melalui Saluran Sekunder (SS) Darung untuk mengairi persawahan dan benih padi yang siap disemai.


“Air akan dialirkan ke wilayah sawah Kecamatan Balongan pada akhir Desember. Air akan dialirkan secara bertahap mulai dari aliran kecil dahulu berdasarkan zona, musyawarah disepakati waktu sebar padi awal dan pertengahan Januari 2024″, jelasnya.


Menurutnya, musyawarah musim tanam padi menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemdes Sudimampir Lor guna mengatur masa tanam padi untuk hasil panen yang maksimal.


“Dengan perhitungan musim tanam padi yang tepat, harapannya hasil panen dapat terjual dengan harga yang tinggi. Hal tersebut tentu sangat membantu perekonomian warga Sudimampir Lor yang sebagian besar penduduknya merupakan petani,” ungkapnya.


Pada kesempatannya, Ade Nanto mengarahkan, bagi para pengelola traktor agar selalu berkomunikasi dengan para pamong desa dan para kelompok tani, di mana Kecamatan Balongan masuk dalam Zona 3 pengiriman air dari waduk dan rentangnya.


“Harapan kami, para petani bisa menggarap sawah di musim tanam I (rendeng) tanpa ada keluhan dan menjaga kekompakan, serta meningkatkan gotong royong untuk menghasilkan panen padi yang maksimal,” pungkasnya.


Musyawarah tersebut dihadiri oleh pamong desa, pengamat perairan Kecamatan Balongan, PPL Balongan, Pengelola Traktor, Gapoktan (gabungan kelompok tani), serta masyarakat Petani Sudimampir Lor. (Abdul Jaelani)