INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),-  Jembatan merupakan bangunan yang menyerupai jalan penghubung antara satu tempat ke tempat lain dimana pembuatannya bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat.


Salah satunya Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu yang dilintasi oleh aliran air sungai.


Untuk mempermudah akses masyarakat dalam meningkatkan laju atau pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, Pemerintah Desa Pringgacala pun memanfaatkan Dana Desa (DD) tahap III Tahun Anggaran 2023 untuk membangun jembatan.


Salah satunya Pembangunan jembatan yang berada di Blok Desa RT.04 RW.01 dengan Panjang 5 meter dan Lebar 2,5 meter itu telah selesai di kerjakan dengan menelan biaya sebesar Rp52 juta lebih.


Rampungnya bangunan jembatan tersebut pun disambut bahagia oleh masyarakat setempat. Mereka mengadakan syukuran di atas jembatan tersebut setelah diresmikan langsung oleh Kuwu (Kepala Desa) Pringgacala, Kodirin.



"Kami sebagai masyarakat Blok Desa mengucapkan banyak terimakasih kepada Kuwu Kodirin dan perangkatnya yang sudah memberikan kami kemudahan dalam beraktivitas dengan direalisasikannya bangunan jembatan yang selama ini kami harapkan," ujar salah seorang warga setempat saat berkumpul bersama warga lainnya di acara syukuran jembatan baru. Kamis, (02/11/2023).


Sementara itu, Kuwu (Kepala Desa) Pringgacala, Kodirin menjelaskan, jembatan yang baru dibangun itu memiliki peran penting untuk memudahkan masyarakatnya dalam kegiatan sehari-hari.


"Jembatan itu merupakan akses masyarakat untuk melakukan aktivitas antar jemput anak ke sekolah, berangkat dagang, berangkat kerja dan aktivitas lainnya," jelasnya.


Lebih lanjut disampaikan Kuwu Kodirin, pembangunan jembatan ini selain sebagai jawaban atas keinginan masyarakat, juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Desa Pringgacala dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Pringgacala.


"Meningkatnya ekonomi warga kami tentu juga akan berdampak pada kemajuan Desa Pringgacala. Sehingga Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmut dan Hebat) dapat terwujud," tuturnya.


Kuwu Kodirin menambahkan, diresmikannya jembatan yang dibangun dengan menggunakan Dana Desa tahap III Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp52.265.000 tersebut menandai bahwa pembangunan jembatan itu sudah selesai 100 persen dan bisa dilalui masyarakat menggunakan kendaraan.


"Jembatan itu juga sebagai urat nadi masyarakat. Dengan adanya jembatan baru ini, diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Pringgacala." Pungkasnya. (Abdul Jaelani)