INDRAMAYU, (Nusantaraindonesia.id),- Fenomena El-Nono yang melanda Indonesia sudah dirasakan dampaknya oleh masyarakat Indramayu khususnya di Blok Tegal Ampes Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Mereka sudah kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Kondisi inipun mendapatkan perhatian dari Polres Indramayu Polda Jabar. 


Melalui program "Polri Peduli Kemanusiaan", Polres Indramayu memberikan bantuan sumur bor dan instalasi air bersih yang berlokasi di Blok Tegal Ampes Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu.


Bantuan sumur bor dan instalasi air bersih ini diresmikan langsung oleh Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H dan dihadiri oleh Wakapolres Indramayu, Kasi Humas Polres Indramayu IPDA Tasim, Camat Karangampel Ade Sukma Wibowo, Kapolsek Karangampel AKP Suprapto, Kuwu Desa Pringgacala Kodirin beserta pamong dan masyarakat Blok Tegal Ampes.


Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H mengatakan, dirinya merasa prihatin dengan kondisi saat ini. Dimana masyarakat merasakan dampak Fenomena El Nino karena musim kemarau yang cukup panjang yang akhirnya berdampak pada kesulitan mendapatkan air bersih.


"Ini menjadi perhatian buat kita semua terutama bagi kami seorang Polri yang tugasnya harus memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.


Sehingga melalui program Polri Peduli Kemanusiaan, Polres Indramayu telah  mendistribusikan air bersih kepada masyarakat Indramayu yang membutuhkan. Tercatat hingga saat ini telah mendistribusikan air bersih sebanyak 200 ribu liter dan membuat sumur bor.


"Hari ini dilakukan peresmian (Sumur bor dan instalasi air bersih) di Blok Tegal Ampes. Karena dari dulu, sudah kesulitan air bersih yang hanya menggunakan air tidak layak untuk kebutuhan sehari-hari," ucapnya.


Masih dikatakan Kapolres, sampai saat ini bantuan sumur bor dari Polres Indramayu baru ada tiga desa. Meski demikian, pihaknya meminta kepada semua unsur agar melaporkan kepada Polres Indramayu jika terdapat masyarakatnya yang sangat membutuhkan air.


"Kami meminta kepada seluruh Forkopimcam, tiga pilar, para kuwu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, apabila ada masyarakat yang sangat membutuhkan air agar dilaporkan ke kami. Sehingga nanti kami bisa membuat program apakah itu pendistribusian air bersih ataupun pembuatan sumur bor," ujarnya.


Sementara itu, Kuwu Desa Pringgacala Kodirin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Indramayu beserta jajarannya yang memiliki kepedulian terhadap masyarakatnya dengan memberikan bantuan sumur bor dan instalasi air bersih. 


"Saya atas nama Pemerintah Desa Pringgacala mewakili masyarakat Blok Tegal Ampes mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Kapolres Indramayu yang sudah memberikan program bantuan sumur bor dan instalasi air bersih untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari," ucapnya.


Kodirin mengungkapkan, bantuan yang diberikan itu sangat tepat. Karena masyarakat di Desa Pringgacala khususnya di Blok Tegal Ampes tetap mengalami kekurangan air baik di musim hujan maupun di musim kemarau terlebih lagi saat ini menghadapi fenomena El Nino. 


"di Blok Tegal Ampes ini, jaringan instalasi PDAM tidak masuk, jadi bantuan yang diberikan ini sangat tepat dan bermanfaat bagi masyarakat kami. Karena fenomena El Nino ini sudah sangat dirasakan sekali dampaknya yakni kekurangan air bersih," Pungkasnya. (Abdul Jaelani)