INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pemerintah Desa Majakerta, Kecamatan Balongan menggelar tradisi sedekah bumi mapag banyu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas karunia yang diberikan sang ilahi.

Bertempat di Halaman halaman Kantor Balai Desa Majakerta, Sabtu (28/10/2023), kegiatan tersebut tak hanya diikuti jajaran pemerintah desa dan Forkopimcam, melainkan juga turut diikuti ratusan masyarakat yang antusias untuk terlibat dalam kegiatan.

Kuwu Desa Majakerta, Renda menjelaskan, tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan setelah panen sadon serta menyambut musim tanam rendeng tersebut tidak hanya diisi dengan doa bersama dan makan bersama dengan masyarakat setempat, namun juga menampilkan pementasan sandiwara.

Kemudian, digelarnya kegiatan tersebut juga sebagai bentuk upaya Pemdes Majakerta dalam menjaga kelestarian budaya kearifan lokal yang telah berlangsung secara turun temurun serta mempererat silaturahmi antar masyarakat Desa Majakerta.

“Dengan duduk berkumpul membaca tahlil doa bersama, diharapkan dapat semakin mempererat silaturahmi tidak hanya antara pemdes dan warga melainkan juga antara warga dengan warga lainnya. Jangan sampai adat tradisi sedekah bumi warisan leluhur hilang, sebagai generasi penerus kita harus bisa melestarikan dan mengenalkan tradisi yang kaya akan makna ini kepada muda-mudi Desa Majakerta,” ungkapnya.

Lanjut Renda, dalam kegiatan tersebut Pemdes Majakerta turut memberikan santunan kepada 50 anak yatim piatu sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan masyarakat.

Sementara itu, Camat Balongan, Opik Hidayat memberikan apresiasi kepada pemdes dan seluruh masyarakat Desa Majakerta yang telah bersinergi dalam menyelenggarakan tradisi sedekah bumi dan pementasan seni budaya serta selalu memberikan perhatian terhadap anak yatim piatu yang ada di lingkungan setempat.

“Saya mewakili Bupati Indramayu Ibu Hj. Nina Agustina, bangga terhadap pemdes Majakerta yang terus peduli terhadap anak yatim piatu serta penjunjung tinggi warisan leluhur dengan terus melestarikan adat sedekah bumi. Semoga hasil panen di musim rendeng nanti semakin meningkat hasil padinya petani makmur dan Indramayu semakin Tangguh dan Bermartabat,” pungkasnya.

Usai memberikan santunan kepada anak yatim piatu, jajaran Pemdes Majakerta, Forkopimcam Kecamatan Balongan serta masyarakat berkumpul bersama di aula desa untuk menyaksikan pementasan Sandiwara Darma Saputra yang merupakan salah satu budaya kearifan lokal. (Ucup Supriyatno)