INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Forkopimda Indramayu menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Ops Mantap Brata Lodaya 2023-2024 tentang Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024. 


Kegiatan ini berlangsung di Aula Atmani Wedha Polres Indramayu di Jl. Gatot Subroto Kepandean Kec/Kab. Indramayu, Senin (9/10/2023).


Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A yang diwakili oleh Staf Akhli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pada Sekertariat Daerah Kab. Indramayu, Drs. H. Sugeng Heryanto, M.Si. Selain itu, hadir juga Ketua DPRD Kab. Indramayu H. Syaefudin, S.H., Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P., Ketua Pengadilan Negeri Indramayu yang diwakili oleh Hakim Adrian Anju Purba, S.H., LLM, Kajari Indramayu yang diwakili oleh Kepala Seksi Intelijen Kejaksan Negeri Indramayu Arie Prasetyo, S.H., dan sejumlah pemangku kepentingan terkait lainnya.


Dalam rapat koordinasi ini, setiap tokoh memberikan paparan dan pandangan terkait kesiapan dan strategi pengamanan dalam pemilu yang akan datang. Terdapat penjelasan tentang tahapan pemilu, indeks kerawanan, potensi kerawanan pada setiap tahapan, dan langkah-langkah antisipasi.


Bupati Indramayu Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Sugeng Hermanto, menyampaikan dukungan dan kesiapan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam menghadapi pemilu dengan sebaik-baiknya. 


Pemerintah mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga marwah demokrasi, mematuhi aturan, dan ketentuan yang berlaku.


Kegiatan ini menjadi momen penting bagi seluruh warga yang peduli terhadap masa depan bangsa dan merupakan tonggak bersejarah dalam perjalanan demokrasi bangsa Indonesia. 


"Seluruh peserta diharapkan untuk bekerja sama dan berkomunikasi guna mensukseskan pemilu 2024 demi terciptanya suasana pemilu yang aman dan lancar. Sinergitas dan soliditas dianggap sebagai kunci kesuksesan dalam penyelenggaraan pemilu. Tentunya, keselamatan dan koordinasi menjadi prioritas utama dalam menjalankan tugas-tugas terkait pemilu," ucapnya.


Sementara itu, Dandim 0616/Indramayu, Letkol Arm Andang Radianto, memberikan penjelasan dalam bidang pengamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang menonjol pada setiap tahapan pemilu. 


Selain itu, Letkol Andang Radianto menyampaikan komitmen netralitas TNI sesuai aturan dan perundang-undangan, bahwa TNI akan mendukung agar pemilu berjalan dengan adil dan kondusif. 


Dia juga membahas strategi untuk mengatasi segi kerawanan, sasaran pengamanan meliputi personil, materi, lokasi, dan kegiatan. Alokasi jumlah personil yang siap mendukung kegiatan pemilu adalah 400 personil dengan 180 pasukan cadangan.


Dikesempatan yang sama, Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar mendorong agar semua pihak terlibat dalam pemilu untuk memberikan paparan yang baik guna terciptanya penyelenggaraan pemilu yang optimal. 


Tahun 2024 merupakan momen penting dalam terselenggaranya pemilihan pemimpin daerah dan provinsi. 


“Marilah kita saling menjaga sesuai dengan aturan 5 pilar,” tuturnya.


Kapolres juga membahas kompleksitas karakter pemilu dan berbagai isu krusial terkait pemilu seperti tahap pencalonan, tahap kampanye, masa tenang dan tahapan pemungutan suara. 


Penjelasan tentang evaluasi pemilu, gambaran umum, indeks kerawanan, dan potensi kerawanan pada setiap tahapan pemilu juga disampaikan.


Kajari Indramayu yang diwakili oleh Kasi Intel Arie Prasetio, SH, juga menyampaikan bahwa kejaksaan telah siap memfasilitasi dalam proses pemilu dan siap bersinergi terkait pemilu. 


Selain itu, penyampaian dan paparan juga dilakukan oleh ketua Pengadilan Negeri Indramayu yang diwakili oleh Hakim Ketua PN Andrian Anju Purba, 


Ketua DPRD Kabupaten Indramayu H Syaefudin SH, Komisioner KPU Jawa Barat Hedia Ardia, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait lainnya. 


Masing-masing membahas tentang kesiapan dan langkah-langkah strategis untuk mensukseskan pemilu 2024 demi masa depan bangsa Indonesia. (Abdul Jaelani)