INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Sebanyak 20 partisipan perusahaan membuka lowongan kerja pada pelaksanaan Job Fair 2023 yang diadakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Indramayu.


Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Dewi Nurhulaela membuka Job Fair 2023 yang dilangsungkan di Lapangan SMKN 1 Indramayu, Rabu (23/8/2023).


Dalam pembukaan Job Fair 2023 SMKN 1 Indramayu ini turut dihadiri Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Disnaker Kabupaten Indramayu Herrsi Pramanik Suwita.


Dalam sambutannya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Dewi Nurhulaela menyampaikan, apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Job Fair di masing-masing SMK.


“Saya mengucapkan terima kasih Kepada Bidang Penempatan Tenaga Kerja yang memfasilitasi sekolah-sekolah SMK di Kabupaten Indramayu mempermudah untuk mempertemukan pencari kerja dengan pihak industri,” katanya.


Melalui Job Fair SMKN 1 Indramayu ini diharapkan Dewi, dapat memperlihatkan bahwasanya lulusan SMK bisa langsung bekerja dan bukan penyumbang pengangguran.


“Sehingga diharapkan dapat menjawab tantangan dari masyarakat saat ini bahwa lulusan SMK adalah bukan penyumbang pengangguran tertinggi,” tegasnya.


Menyikapi data pengangguran tertinggi berasal dari lulusan SMK, upaya intervensi terus dilakukan, yakni dengan pendataan bagi lulusan SMK yang sudah bekerja hingga meningkat kompetensi belajar di masing-masing SMK dan penguatan kolaborasi antar dunia industri.


“Dengan melakukan pendataan ketika mereka lulus, sebetulnya sebagian sudah bekerja. Seperti halnya lulusan SMKN 1 Indramayu di mana 92 % setiap tahunnya terserap di industri,” tambahnya.


Sementara 8% lulusan SMKN 1 Indramayu tak terserap industri melainkan 2% melanjutkan ke perguruan tinggi dan 6% melaksanakan usaha secara mandiri.


Di tempat yang sama Plt. Kepala Sekolah SMKN 1 Indramayu Muhamad Rahmat mengungkap dirinya merasa bersyukur karena pembukaan Job Fair 2023 yang berlangsung mulai 23 hingga 24 Agustus 2023 banyak diikuti peserta.


“Insya Allah hari ini kita akan melaksanakan job fair rekrutmen alumni-alumni SMKN 1 Indramayu khususnya dan para pelamar kerja kategori umum lainnya,” ungkapnya.


Harapan besar dengan penyelenggaraan Job Fair 2023 SMKN 1 Indramayu yang menghadirkan 20 partisipan dari perusahaan nantinya dapat mampu merekrut 2125 calon karyawan.


Rahmat menyampaikan apresiasi kepada pihak industri yang telah membuka kesempatan lowongan kerja kepada anak-anak lulusan SMK dalam rangka mencapai masa depan yang lebih baik.


“Saya apresiasi kepada industri yang mau membuka jatah rekrutmen karyawan di sini. Jadi kami fasilitasi baik untuk industri dan pelamar bagaimana kita membantu mereka pencari kerja demi mencapai masa depan yang cerah tentunya,” ujarnya. (Ucup Supriyatno/ NI)