CIREBON, (nusantaraindonesia.id),-  Memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon bersama Forum Jurnalis Cirebon (FJC) menggelar tournament catur Merah Putih. Senin, (14/8/2023).


Kegiatan tournament catur ini diperuntukan bagi jurnalis di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengkan dan Kuningan) untuk mempererat sinergi dan tali silaturahmi antara Pers dan KAI. 


Tournament catur tahun ini juga menjadi istimewa karena digelar di ruang tunggu eksekutif Stasiun Daop 3 Cirebon, sehingga menjadi pemandangan yang tidak biasa bagi para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta api.


Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi tugas jurnalis dalam menyampaikan kebijakan dan informasi seputar perusahaan dan perkembangan perkeretaapian. Menurutnya, peran media sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong KAI untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik bagi publik. 


"Menjadi seorang jurnalis bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan passion yang hebat dalam hal kesungguhan menggali informasi yang valid, up to date dan memenuhi kode etik jurnalistik," ucapnya.


Dikatakannya, acara tournament catur ini di gelar sebagai ajang silaturahmi diantara jurnalis - KAI. Dengan harapan, kegiatan tournament catur antar wartawan ini bisa dijadikan refreshing bagi para jurnalis yang setiap harinya berkutat dengan tugas liputan, sekaligus meningkatkan sinergitas yang sudah terjalin baik dengan KAI. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis, tanpa dukungan media, maka informasi terbaru KAI kurang tersampaikan kepada masyarakat luas," ujarnya.


Pada kegiatan turnament catur ini, KAI Daop 3 dan FJC bekerjasama dengan Percasi Kota Cirebon untuk memandu jalannya pertandingan. 


Adapun juara pertama di lomba Catur antar wartawan ini mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang tunai sebesar Rp1,5 juta yang diraih oleh Nanang Mansyur (PWI Indramayu) dengan nilai 19. Sementara Monang Sembiring (PWI Indramayu) menduduki posisi kedua dengan score 18 dan membawa hadiah tropi dan uang sebesar Rp1 juta. 


Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Indramayu Dedy S Musashi mengucapkan terimakasih atas prestasi yang diperoleh anggotanya dalam mengikuti tournament catur dan keluar sebagai juara turnament antar wartawan se-wilayah 3 Cirebon. 


"Tujuan utama mengikuti tournament catur ini mempererat persaudaraan antar wartawan.  Alhamdulillah atas kerja keras kita semua, PWI Indramayu menyabet juara 1 dan juara 2." Tutupnya. (Abdul Jaelani/ NI)