INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Pusat Layanan Masyarakat (Puskesmas) Kedokan Bunder memberikan pelayanan kesehatan gratis pada masyarakat Desa Cangkingan terkait skrining Penyakit Tidak Menular (PMT).


Pelayanan kesehatan skrining PMT ini hadir bersamaan dengan diselanggarakannya Senam Sehat Bermartabat, di sekitar Lapangan Sepak Bola Desa Cangkingan Kecamatan Kedokan Bunder, Jum’at (4/8/2023).


Layanan kesehatan gratis PMT ini menyasar masyarakat Desa Cangkingan yang sudah lanjut usia (lansia) guna menjaring adanya gangguan kesehatan yang dialami masyarakat lansia seperti hipertensi atau kencing manis.


Dikatakan Kepala Puskesmas Kedokan Bunder dr. Hj. Sumiyati, pelayanan kesehatan PMT ini menjadi agenda rutin setiap bulan yang diikuti masyarakat lansia khususnya di Desa Cangkingan.


“Layanan ini menjadi program yang rutin dilaksanakan setiap bulan sekali dalam rangka menjaga kondisi tubuh masyarakat lansia Indramayu agar tetap sehat dan terkontrol,” katanya.


Harapannya dengan adanya layanan skrining PTM ini masyarakat di Kecamatan Kedokan Bunder khususnya yang lansia dapat terjaga kondisi kesehatannya melalui layanan kesehatan yang berikan.


“Dengan dilakukannya skrining, supaya mengetahui apakah terkena hipertensi atau kencing manis, sehingga lebih hati-hati dalam menjaga pola makan dan rutin memeriksakan kesehatan. Kita berikan layanan kesehatan gratis seperti tensi darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan perut, berat badan dan tinggi badan,” ujarnya. (Ucup Supriyatno/ NI)