BEKASI, (nusantaraindonesia.id),- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melalui UPTD Pengelolaan Sampah wilayah II, membersihkan dan mengangkut puluhan ton sampah yang memenuhi saluran irigasi Perumahan Bumi Anggrek, Desa Karangsatria, Kecamatan Tambun Utara, pada Sabtu (26/08/2023).


Kegiatan bersih-bersih sampah di saluran irigasi, mengerahkan alat berat dari Pemkab Bekasi, dibantu oleh petugas RT/RW dan perangkat desa Karangsatria menggunakan alat manual.


Kepala Desa Karangsatria, Zaenudin Resan mengatakan, kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya, akhirnya sampah menumpuk di saluran irigasi dan mengakibatkan pendangkalan.


"Mudah-mudahan kesadaran masyarakat terus meningkat, lokasi ini menjadi bersih dan saluran air menjadi lancar," ujarnya.


Sementara itu, Pengawas Lapangan UPTD Wilayah II, Saipul mengatakan, sampah yang diangkat dari saluran irigasi tersebut didominasi oleh sampah domestik dari rumah tangga.


"Hari ini kita mengerahkan 15 unit mobil armada truk sampah dan 1 unit alat berat ekskavator milik Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi untuk mengangkut sampah di saluran irigasi, untuk selanjutnya sampah-sampah tersebut diangkut ke lokasi TPA Burangkeng," ujarnya.


Pengangkutan sampah dari saluran irigasi yang ada di lokasi tersebut menerjunkan 15 personel Tim Biawak dari DLH Kabupaten Bekasi.


"Ya, kita lihat situasi dan kondisinya, jadi misalnya hari ini tidak selesai, kita akan terus berlanjut untuk membersihkan sampah yang ada di saluran irigasi," katanya. (Sahrul Amin/ NI)