INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),-  Pemerintah Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, di halaman kantor Kecamatan Kertasemaya, Kamis (17/8). Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia di Kecamatan Kertasemaya, berlangsung khidmat.


Upacara dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kertasemaya, jajaran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), Kuwu berikut perangkat desa serta pelajar SMP dan SMA/SMK se-Kecamatan Kertasemaya. Bertindak sebagai inspektur upacara, Camat Kertasemaya, Drs H Ali Sukma Jaya Mulyana MSi. Sementara Sang Saka Merah Putih, dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) SMK Teladan Kertasemaya.


Menurut Camat Kertasemaya, Drs H Ali Sukma Jaya Mulyana MSi, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, harus dijadikan momentum bagi warga bangsa untuk meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa. Salah satunya adalah mengisi kemerdekaan dengan terus melaksanakan pembangan di segala sektor.


"Jika dahulu para pahlawan berjuang merebut kemerdekaan dengan melawan penjajah, tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan dengan meneruskan pembangunan. Sehingga akan terwujud visi Indramayu Bermartabat, menuju Indonesia sebagai bangsa yang mandiri dan berdaulat," jelasnya selepas upacara pengibaran bendera Merah Putih.


Selain melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih, peringatan detik-detik Proklamasi dimeriahkan dengan pagelaran kesenian tradisional. Di antaranya adalah pertunjukan tari Topeng, pencak silat serta kumandang lagu-lagu perjuangan oleh siswa SMPN 2 Kertasemaya.


Pada kesempatan ini, Camat Kertasemaya, Drs H Ali Sukma Jaya Mulyana MSi, juga menyerahkan hadiah kepada pemenang sejumlah lomba 17-an. Juara lomba tumpeng diraih oleh DWP Dikbud Kecamatan Kertasemaya. Sementara juara dua dan tiga masing-masing diraih Desa Kertasemaya dan Desa Larangan Jambe.


Selain itu, lomba ular balon diraih Desa Tenajar Lor. Untuk lomba suap pisang, juara satu, dua dan tiga masing-masing diraih UPTD Perikanan dan Kelautan, TK Indah Pertiwi dan UPTD PLKB Kecamatan Kertasemaya. Sedangkan juara lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) berhasil direbut Desa Tenajar Lor, mengalahkan Kecamatan Kertasemaya serta UPTD Perikanan dan Kelautan yang harus puas sebagai juara dua dan tiga. (Sunarto/ NI)