SUMEDANG, (nusantaraindonesia.id),- Petugas gabungan dari BPBD, Tagana, TNI, Polri, PMI, desa dan masyarakat, berhasil menangani kebakaran lahan, yang terjadi Pasir Sela, Pegunungan Kareumbi,  Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, Kamis (20/7/2023) malam. 


Akses menuju lokasi kebakaran yang sulit ditembus kendaraan, membuat pemadaman dilakukan dengan cara memukul api menggunakan ranting pohon. Selain itu, juga membuat sekat bakar agar api tidak meluas.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, api mulai terlihat sejak Kamis petang. Puluhan petugas gabungan yang terjun ke lokasi, berhasil memadamkan api sekitar pukul 20.15 WIB. 


"Alhamdulilah kami bersama masyarakat dan petugas lainnya berhasil memadamkan api 100 persen. Luas lahan yang terbakar diperkirakan 5 hektar," kata Atang.


Meski api sudah padam, namun kata Atang, masyarakat dihimbau melakukan pemantauan agar tidak terjadi kecolongan. Sementara penyebab kebakaran masih belum diketahui. 


"Meskipun jarak ke permukiman warga cukup jauh, tapi kami tetap menghimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Kalau melihat titik api segera dipadamkan. Untuk pendaki gunung juga tolong jangan buat perapian," katanya. (Red)