JAKARTA BARAT, (nusantaraindonesia.id),- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat menerapkan rekayasa lalu lintas (Lalin) Sistem Satu Arah (SSA) Jalan Puri Kencana, Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (21/7). Penerapan rekayasa Lalin SSA dilakukan selama sebulan. 


Lurah Kembangan Selatan, RM Pradana Putra mengatakan, penerapan rekayasa lalu lintas SSA Jalan Puri Kencana, Kelurahan Kembangan Selatan, dilakukan dalam upaya mengurangi titik kemacetan yang kerap terjadi di ruas Jalan Kembang Kerep, Kembangan. 


Ia menyebut bahwa rekayasa ujicoba lalin yang diterapkan mulai, Jumat (21/7) pagi, sempat mengalami penundaan. Itu karena warga yang tinggal di Perumahan Puri Kencana menolak kegiatan tersebut. 


"Memang sempat ada penolakan ketika melakukan rekayasa lalin. Tapi, kami turun langsung untuk menjelaskan seluruh permasalahan dan dinamika yang ada. Alhamdulillah, warga akhirnya setuju untuk rekayasa lalin," kata lurah yang akrab disapa Danang.


Pada pelaksanaan rekayasa lalin, lanjut Danang, petugas gabungan Pemkot Jakarta Barat, telah melakukan sejumlah persiapan, meliputi pemasangan spanduk penerapan rekayasa lalu lintas SSA Jalan Puri Kencana, pemasangan sejumlah rambu verboden, satu arah, speed bump dan NCB beton. Petugas juga membongkar sejumlah polisi tidur di lingkungan perumahan Puri Kencana. 


"Untuk masalah polisi tidur, sudah ditindaklanjuti. Kita bongkar kemudian dinas perhubungan menggantinya dengan speed bump. Ada 4 titik speed bump yang dipasang di Perumahan Puri Kencana," ujarnya.


Terkait keluhan warga terhadap faktor keamanan, Danang menambahkan bahwa pihaknya telah mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan keamanan. Pemkot Jakarta Barat juga sudah menggantikan sejumlah lampu penerang jalan serta memperbaiki jalan rusak di Perumahan Puri Kencana. 


Untuk informasi, penerapan rekayasa lalu lintas Sistem Satu Arah (SSA) Jalan Puri Kencana berlaku selama sebulan. Dengan rute lalu lintas dari arah Kebon Jeruk menuju Meruya, dialihkan melalui Jalan Kencana Indah - Jalan Kembang Indah - Jalan Kembang Kerep. 


Atau Jalan Kencana Indah - Jalan Kembang Elok Barat - Jalan Puri Indah Raya-Jalan Puri Kembang Barat-Jalan Kembang Kerep. (Maulana Yusuf/ NI)