INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Dalam rangka mengakselerasi pembangunan daerah yang berkelanjutan dan perwujudannya meningkat kesejahteraan masyarakat di Bumi Wiralodra, Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Indramayu terus memaksimalkan kinerja tim untuk terselenggaranya Kerja Sama Daerah.


Hal ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Tapem Budi Setiawan saat menerima sejumlah anggota penilaian dari Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Awards Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, dalam rangka penilaian kinerja TKKSD Kabupaten Indramayu.


Kunjungan Tim Penilaian TKKSD Awards Provinsi Jawa Barat ini untuk memotret Kerja Sama Daerah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam kurun waktu 1 tahun periode Bulan Juni 2022 sampai dengan Juni 2023.


Dalam pertemuan ini dilaksanakan pembahasan dan penjelasan terkait fasilitasi TKKSD Kabupaten Indramayu dalam rangka memberikan percepatan pelayanan penyusunan Kerja Sama Daerah di Kabupaten Indramayu.


Pelaksanaan Penilaian TKKSD Awards Provinsi Jawa Barat ini dihadiri sejumlah perwakilan dari masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu, yang berlangsung di Ruang Desk Pilkada Setda Indramayu, Selasa (25/7/2023).


Perwakilan Tim Penilai TKKSD Pemrov Jawa Barat Helmi Muhamadsyah mengatakan, kedatangannya di Kota Mangga bukan hanya untuk melakukan penilaian dari sisi baik dan kurang baik terselenggaranya Kerja Sama Daerah yang dilakukan kabupaten/Kota di Jawa Barat.


“Intinya penilaian ini bukan kita menentukan nilai bagus atau engga. Tapi bagaimana Pemprov Jabar yang dipimpin Gubernur sebagai wakil dari pemerintah pusat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Kerja Sama Daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu dengan kabupaten/kota di Jawa Barat,” katanya.


Sehingga ungkap Helmi, dalam pelaksanaan Kerja Sama Daerah yang dilakukan kabupaten/kota di Jawa Barat bisa dimaksimalkan dan disupport oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagaimana yang dibutuhkan.


“Jadi kita tidak hanya ingin menilai pelaksanaan kerjasama kabupaten/kota saja, tetapi ingin mendapatkan masukan dan kebutuhan kabupaten/kota dalam meningkatkan kinerja TKKSD Kabupaten/Kota, sehingga kami dari Provinsi Jawa Barat akan membantu kebutuhan kebutuhan TKKSD Kab/Kota, semisalnya terkait pemetaan urusan pemerintahan yang dapat dikerjasamakan dengan daerah lain ataupun pihak ketiga ,” tambahnya.


Helmi mengapresiasi, kinerja dari Pemerintah Kabupaten Indramayu yang sangat respon terkait pemerintahan data sebagai salah satu proses penilaian TKKSD Awards Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 baik hard copy maupun soft copy.


“Penilaian tahun kemarin kita meminta datanya secara hard copy, kita datang dan melihat data-data yang sudah disiapkan oleh kabupaten/kota. Tapi tahun ini kami mencoba semuanya soft copy sebelumnya. Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Indramayu sudah melakukan submit data-data dalam penilaian ini,” tandasnya. (Abdul Jaelani/ NI)