PURWAKARTA, (nusantaraindonesia.id),- Pengembangan wisata kuliner di Sukasari - Jatiluhur Kabupaten Purwakarta sangatlah layak dipertimbangkan untuk diwujudkan mengingat jumlah wisatawan yang berkunjung itu cukup besar.


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Mochamad Ramdhan. 


"Selama Lebaran Idul Fitri dan Lebaran idul Adha saja, jumlah wisatawan yang mengujungi destinasi wisata itu mencapai puluhan ribu wisatawan. Itu artinya potensi nilai ekonominya sangat besar," kata Ramdhan. Seperti di kutip portal resmi Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Jumat, 21 Juli 2023.


Data Disporaparbud menyebutkan, selama masa libur lebaran Idul Fitri dan Idul Adha tahun 2023 ini saja, sedikitnya 10.669 wisatawan mengunjungi destinasi wisata di  kawasan Jatiluhur.


Dari jumlah itu, 8.638 wisatawan berkunjung saat libur lebaran Idul Fitri, sementara libur Lebaran Idul Adha dikinjungi 2.031 wisatawan.


Ramdhan mengatakan, potensi wisatawan yang besar itu, merupakan peluang bagi dikembangkannya wisata kuliner di kawasan Sukasari-Jatiluhur.


Kondisi lokasi wisata yang dingin dan sejuk, menyebabkan para wisatawan akan mudah merasa lapar. Biasanya makanan yang tepat dikonsumsi diwilayah semacam itu  adalah makanan yang bergizi dan berprotein tinggi dan bisa menciptakan rasa hangat tubuh.


"Makanan olahan dari daging unggas mentok, itu tentu sangat tepat. Apalagi jika diolahnya oleh tangan terampil dan bisa menghangatkan tubuh di wilayah yang dingin. Apalagi jika rasanya pedas-pedas nikmat seperti Rica-Rica Mentok yang sudah terkenal. Itu peluang besar yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, kata Mochamad Ramdhan.


Seperti diberitakan sebelumnya, Kabupaten Purwakarta sukses menjaring ratusan ribu wisatawan selama masa libur Lebaran idul Fitri dan Idul Adha tahun 2023 ke sejumlah destinasi wisata.


Total wisatawan yang berhasil dijaring mencapai 307.366 wisatawan, meliputi 263.253 wisatawan saat lebir Lebaran Idul Fitri dan 44.113 wisatawan berjadil dijaring saat libur Lebaran Idul Adha.


Keberhasilan itu bisa diraih berkat kesungguhan Bupati Anne Ratna Mustika dan jajaran Pemkab Purwakarta dalam mengembangkan destinasi wisata sehingga memiliki pesona tinggi untuk dikunjungi wisatawan.


Kabupaten Purwakarta yang posisinya sangat srategis diperlintasan utama jalur transportasi Jawa Barat itu saat ini  tercatat memiliki 62 destinasi wisata, 30 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, wisata religi dan wisata edukasi. (Al Ihza Mahendra/ NI)